Virus Corona

Viral Aksi 'Superhero' Bagikan Masker dan Sosialisasi Corona, Ternyata Ini Maksud di Baliknya

Namun uniknya sosialisasi diberikan kepada warga di sekitaran Distrik Mimika Timur, dengan menggandeng Komunitas Cosplay Timika.

(ISTIMEWA)
Anggota kepolisian dengan menggunakan kostum super hero saat memberikan sosialisasi Covid-19 kepada warga di Distrik Mimika Timur, Mimika, Papua, Minggu (26/4/2020). 

TRIBUNSOLO.COM - Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah persebaran virus corona.

Satu diantaranya dilakukan personel Polsek Mimika Timur dan Polsek Kawasan Pelabuhan Poumako, Mimika, Papua, melakukan sosialisasi virus corona baru atau Covid-19, Minggu (26/4/2020).

 Cerita di Balik Video Ibu dan 2 Anaknya yang Positif Corona Berpelukan di Ambulans, Ini Kronologinya

 Joko Sutopo Ancam Mundur dari Pencalonan Bupati Wonogiri Bila Pilkada Digelar Desember 2020

Namun uniknya sosialisasi diberikan kepada warga di sekitaran Distrik Mimika Timur, dengan menggandeng Komunitas Cosplay Timika.

Dengan menggunakan kostum super hero, anggota polisi dan komunitas cosplay menyosialisasikan informasi seputar virus corona.

Aiptu Lalu Hiskam Anady mewakili Kapolsek Mimika Timur mengatakan, kegiatan ini untuk mengedukasi warga tentang bahaya Covid-19.

Warga diberi tahu tentang potensi penularan virus corona. Seperti melalui cairan dari mulut atau hidung yang menempel di benda.

Para superhero itu juga mengimbau warga tetap menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan menggunakan masker saat berada di luar rumah.

"Kami memberikan edukasi agar warga dapat mematuhi semua yang dianjurkan pemerintah agar virus ini tidak menyebar," kata Lalu dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu malam.

 Pendagang Takjil Dadakan Kawasan UMS Menjamur Saat Pandemi Corona, Akui Omset Turun 50 Persen

Selain memberikan sosialisasi, para superhero itu juga membagikan 250 masker kain kepada warga dari donasi dompet kemanusiaan.

Masker kain itu dibeli dari para penjahit rumahan di Mimika. Hal itu sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi warga di tengah pandemi Covid-19.

"Masker ini merupakan produk rumahan. Kami membelinya sebagai upaya meningkatkan ekonomi mereka akibat dampak Covid-19," ujar Lalu.

Brigadir Yudik yang juga Ketua Komunitas Cosplay Timika mengatakan, kegiatan ini sekaligus menghibur warga yang berdiam di rumah selama pandemi Covid-19.

Yudik berharap warga tetap mematuhi segala imbauan pemerintah agar virus ini tidak menyebar.

"Kegiatan ini sekaligus menghibur warga," kata Yudik yang juga Bhabinkamtibmas di Kampung Cenderawasih, Distrik Mimika Timur.

Selain Aiptu Lalu dan Beigadir Yudik, dalam kegiatan ini juga diikuti Aipda Syarifuddin R, Aipda Lusiyadi, Aipda Ridwan Mare, dan empat orang dari komunitas cosplay.

Sementara itu, hingga Minggu malam, jumlah kumulatif positif Covid-19 di Mimika berjumlah 41 kasus, dengan 3 kasus kematian dan 5 sembuh.

(Kompas.com / Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketika 'Superhero' Bagikan Masker dan Sosialisasi Corona di Mimika", 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved