Ramadhan 2020

Penjelasan Dokter Gigi soal Mulut Kering saat Puasa Picu Bau

Saat keadaan mulut kering itulah ada kuman yang menempel di gigi akibat bekas-bekas makanan bereaksi sehingga munculan aroma 'bau naga'

Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA -- Keluhan yang muncul saat berpuasa terutama yang membuat kepercayaan diri menurun adalah bau mulut.

Untungnya saat ini sedang di rumah saja akibat pandemi virus corona (covid-19) jadi tidak banyak ketemu orang saat bau mulut sedang tidak segar.

Drg. Anggi Pratiwi menjelaskan bau mulut saat berpuasa iini akibat mulut yang kering akibat tidak makan mau pun minum selama kurang lebih 14 jam.

Tak Ada Kunjungan Wisatawan, Satwa di Taman Safari Bogor Ikut Puasa, Makan Dua Hari Sekali

Saat keadaan mulut kering itulah ada kuman yang menempel di gigi akibat bekas-bekas makanan bereaksi sehingga munculan aroma 'bau naga' dari mulut.

"Ketika mulut kering itu ada kuman. Jadi kuman itu berkembang biak dengan baik di saat mulut kita kering seperti itu makanya saat berpuasa kita ada sedikit bau," ungkap drg. Anggi saat diskusi online Listerine, Kamis (14/5/2020).

Kemudian faktor pemilihan makanan saat sahur juga sangat memengaruhi bau mulut terutama kalau mengonsumsi makanan dengan bau mencolok seperi pete atau jengkol.

Sering Tak Disadari, Inilah 5 Kondisi yang Sebabkan Bau Mulut Selama Jalani Puasa Ramadhan

11 Tips Cegah Bau Mulut saat Puasa, Salah Satunya Hindari Konsumsi Makanan Berbau Tajam

Ilustrasi bau mulut pada anak
Ilustrasi bau mulut pada anak (net)

Adapun saran dari dr. Anggi untuk mengilangkan bau mulut saat berpuasa yang pertama pastikan kebutuhan cairan terpenuhi dan makan makanan bergizi.

"Harus banyak minum air putih itu mempengaruhi banget banyak-banyak makan gizi yang berpengaruh biar gak bau mulut," kata drg. Anggi.

Kemudian tips penting yang tidak boleh dilupakan sehabis makan sahur dan berbuka segera menyikat gigi minimal 30 menit setelah makan. (Apfia Tioconny Billy)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Mulut Kering Saat Puasa Picu Bau, Ini Penjelasan Dokter Gigi

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved