Breaking News:

Virus Corona

Kasus Pertama Anjing Positif Corona di Belanda, Diyakini Terinfeksi Dari Pemilik

"Dari semua kasus yang ada, kami menyadari bahwa binatang peliharaan ini tidak akan menginfeksi manusia," kata Schouten dikutip ANP.

grid.id
Ilustrasi Anjing Pit Bull 

TRIBUNSOLO.COM - Seekor anjing jenis bulldog dinyatakan positif corona di Belanda. 

Kasus ini adalah yang pertama terjadi dan diumumkan resmi oleh Pemerintah Belanda. 

Negeri "Tulip" juga melaporkan adanya infeksi di tiga ekor kucing. Meski begitu, mereka menekankan peluang kontaminasi dari hewan sangatlah kecil.

Pemkot Solo Tak Keluarkan Izin Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 H di Jalan dan Tempat Umum

Kronologi Pasien Positif Corona Mengamuk dan Peluk Warga agar Tertular Saat Dijemput Paksa

Menteri Pertanian Belanda Carola Schouten menyatakan, anjing jenis bulldog berusia delapan tahun itu milik pasien positif virus corona.

Dilansir AFP Jumat (15/5/2020), diyakini anjing itu terinfeksi dari si pemilik, dan dilaporkan terpaksa dimatikan pada akhir April.

Adapun tiga ekor kucing yang terpapar Covid-19 itu ditemukan di peternakan cerpelai, yang sebelumnya sudah mengumumkan penularan positif bulan lalu.

"Dari semua kasus yang ada, kami menyadari bahwa binatang peliharaan ini tidak akan menginfeksi manusia," kata Schouten dikutip ANP.

Malah, lanjut dia, justru manusia yang bisa menularkannya ke hewan. Karena itu, si pemilik yang sudah punya gejala menghindari kontak.

Di antaranya adalah memeluk dan membiarkan binatang peliharaan menjilat pemiliknya, dan membuat mereka berisiko terkena virus.

Kasus penularan Covid-19 dari manusia ke hewan peliharaan mereka tidak hanya ditemukan di Belanda, namun juga tempat lain di seluruh dunia.

Sebelumnya, pemerintah di Hong Kong sudah mendapatkan konfirmasi laporan bahwa ada dua ekor anjing yang positif terinfeksi corona.

Kemudian kasus penularan lainnya juga terjadi, seperti kucing yang terinfeksi di Belgia, dan harimau di kebun binatang Bronx, AS.

Semua hewan itu diyakini terpapar virus dengan nama resmi SARS-Cov-2 dan pertama kali terdeteksi di Wuhan, China itu dari manusia.

Adapun Negeri "Kincir Angin" mencatatkan 43.43.681 kasus infeksi pada manusia, dengan 5.643 di antaranya dinyatakan meninggal. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Pertama di Belanda, Seekor Anjing Tertular Virus Corona",


Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved