Virus Corona

Jangan Salah Pilih, Inilah Jenis Bahan dan Kombinasi untuk Masker Kain 3 Lapis Rekomendasi WHO

Baru-baru ini World Health Organization ( WHO) memperbarui beberapa panduan terkait pencegahan Covid-19.

tribunsumsel.com/khoiril
Ilustrasi Masker Kain 

TRIBUNSOLO.COM - Baru-baru ini World Health Organization ( WHO) memperbarui beberapa panduan terkait pencegahan Covid-19.

Hal ini diungkap Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam pidatonya tanggal 5 Juni 2020 menyebutkan beberapa poin.

Update Corona di Indonesia 7 Juni: Tambah 672 Pasien, Kini Total 31.186 Kasus Positif, 10.498 Sembuh

Salah satunya adalah penggunaan masker kain yang kini wajib terdiri dari tiga lapis.

“Panduan terbaru kami memuat informasi terbaru dalam hal komposisi masker kain, berdasarkan kajian akademis yang diminta oleh WHO,” tutur Ghebreyesus seperti dikutip dari situs resmi WHO, Minggu (7/6/2020).

Berdasarkan kajian baru ini, lanjut ia, WHO mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker kain dengan minimal tiga lapisan berbeda.

“Detail tiap lapisan ada dalam panduan,” tuturnya.

Tiga lapis kain

Mengutip panduan terbaru WHO “Advice on the use of masks in the context of COVID-19: Interim guidance” keluaran 5 Juni 2020, masker non-medis atau biasa disebut masker kain bisa terbuat dari berbagai bahan dan kombinasi.

Kombinasi dari berbagai jenis kain dan material menghasilkan fitrasi yang berbeda terhadap kemampuan untuk bernapas dan penyaringan virus.

Saat ini, standar masker kain telah ditetapkan oleh French Standarization Association (AFNOR Group) dengan jumlah filtrasi minimal 70 persen terhadap partikel solid atau droplet.

Halaman
123
Editor: Naufal Hanif Putra Aji
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved