Breaking News:

Perlukah Mobil Mesin Diesel Digeber Sebelum Dimatikan?

"Ketika digeber, pasti udara terhisap banyak. Ketika dimatikan secara mendadak udaranya jadi tidak terpakai dan langsung menekan kap piston,"

Editor: Ryantono Puji Santoso
IST
Ilustrasi: Peserta lelang mengecek kondisi mesin sebuah SUV di acara lelang terbuka kendaraan bekas yang diselenggarakan sebuah balai lelang di Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2019). 

TRIBUNSOLO.COM - Ada beberapa pendapat yang mengatakan sebelum mematikan mesin mobil diesel harus digeber terlebih dahulu.

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi pada kendaraan bermotor semakin canggih. Tidak terkecuali pada mobil bermesin diesel.

Oleh karenanya, sebagaimana dikatakan Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi, ada beberapa kebiasaan lama yang harus disesuaikan seperti ritual menggeber mobil sebelum dimatikan.

Walaupun Tahu Pengantin Pria Ternyata Seorang Perempuan, Mempelai Wanita Tetap Mau Dinikahi

Penasaran dengan PlayStation 5? Begini Penampakan dan Spesifikasinya

"Dulu menggeber mobil diesel sebelum dimatikan alasannya untuk mengisi daya aki. Saat ini, teknologi semakin canggih. Aki akan terisi daya listrik dari alternator memakai current sensor. Jadi tidak perlu lagi digeber," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/6/2020).

Malahan, kebiasaan menggeber mobil diesel produksi terkini sebelum dimatikan akan membuat beberapa komponen menjadi rusak. Terlebih, jika kendaraan terkait sudah menggunakan teknologi mesin turbo.

"Ketika digeber, pasti udara terhisap banyak. Ketika dimatikan secara mendadak udaranya jadi tidak terpakai dan langsung menekan kap piston. Efek jangka panjangnya, bisa membuat jebol mesin," kata dia.

"Jadi sebisa mungkin hilangkan kebiasaan itu. Lalu yang tak kalah pentingnya, selalu perhatikan kualitas bahan bakar pada mobil diesel, kemudian filter solar dan untuk quantity solar di tangki tidak boleh sampai habis," lanjut Bambang. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Mobil Mesin Diesel Perlu Digeber Sebelum Dimatikan?",

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved