Tanggapan Epidemiolog Terkait Video Viral Kompleks Stadion GBK Dipenuhi Orang Berolahraga

Dalam sebuah video singkat, pagi ini Minggu (14/6/2020),Stadion Gelora Bung Karno ( GBK) dipenuhi orang-orang yang berolahraga meski masih pandemi.

(Shutterstock)
Ilustrasi virus corona di Indonesia 

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Dalam sebuah video singkat, pagi ini Minggu (14/6/2020), Stadion Gelora Bung Karno ( GBK) dipenuhi orang-orang yang berolahraga meski pandemi belum usai.

Adapun keramaian yang terekam dalam video berdurasi sekitar 13 detik yang diunggah oleh akun Instagram @agus.firmanto dalam fitur Instagram Story.

Viral Toko Sepeda di Solo Ramai Meski Pandemi, Laris Manis Bak Kacang Goreng, Ini Kesaksian Pembeli

Unggahan tersebut kemudian di-posting oleh akun Instagram, Jakarta Info, @jktinfo.

Dalam video, ada bermacam-macam orang yang sedang berolahraga, seperti jalan kaki, lari, dan bersepeda.

Terlihat juga beberapa orang tidak memakai masker meski berada di tempat yang ramai.

Membludaknya pengunjung untuk berolahraga di GBK ini dikhawatirkan menjadi peluang tertularnya virus corona  dari orang lain.

Melihat kondisi ramainya GBK, epidemiolog dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM), Bayu Satria Wiratama sangat menyayangkan adanya sekumpulan warga yang berolahraga di tempat ramai.

"Kalau ramai gitu, susah jaga jarak, Jika kondisinya seperti dalam video, risiko tinggi tertular karena ramai dan sebagian tidak pakai masker," ujar Bayu kepada Kompas.com, Minggu (14/6/2020).

Pandemi Corona, Pedagang Takjil Kawasan Manahan Terpantau Ramai, Ingatkan Pembeli Pakai Masker

Menurut Bayu, penularan virus corona di GBK bisa terjadi dari kegiatan berolahraga dengan jarak dekat atau kurang dari 1 meter dengan orang yang tidak menggunakan masker.

Potensi tertular lebih tinggi jika orang yang tidak pakai masker tersebut menunjukkan gejala Covid-19.

Selain itu, ada juga faktor lain yang dapat menularkan virus meski tidak berdekatan dengan orang lain, yakni menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus.
Halaman
123
Editor: Ilham Oktafian
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved