Breaking News:

Pilkada Sukoharjo 2020

Ramalkan Pilkada Sukoharjo Hanya Dua Poros, Politisi Golkar Ungkapkan Alasannya

"Kita prediksi hanya ada dua pasangan calon yang maju dalam Pilkada, karena calon dari Independen tidak ada," kata Agus Sumantri.

TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI
KPU Sukoharjo, Bawaslu Sukoharjo, Perwakilan DPD Golkar Sukoharjo, dan dosen Fisip UGM mengisi Sosialisasi Pendidikan Politik di Kantor DPD Golkar Sukoharjo, Kamis (27/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Politisi dari Partai Golkar Agus Sumantri memperkirakan Pilkada Sukoharjo 2020 hanya akan memunculkan dua Pasangan Calon (Paslon).

Hal ini dia lihat dari sejumlah partai yang memiliki kursi telah menyatakan dukungan terhadap Parpol atau pasangan tertentu.

Partai Gerindra dan PKS yang masing-masing memiliki 5 kursi, telah menyatakan dukungan kepada bakal Paslon Joko Santoso - Wiwaha Aji Santosa (Joswi).

"Kita prediksi hanya ada dua pasangan calon yang maju dalam Pilkada, karena calon dari Independen tidak ada," katanya saat konferensi pers di DPD II Partai Golkar Sukoharjo, Senin (22/6/2020).

Pasca Aksi di Lereng Lawu, Polres Boyolali Perketat Keamanan, Personel Tak Boleh Sendirian

"Dari Partai Gerindra, PKS dan kemungkinan PAN akan berkoalisi," imbuhnya.

Dengan koalisi tiga Parpol itu, bakal Paslon Joswi akan mengantongi 15 kursi, dan 45 kursi di legislatif.

Saat ini Partai Golkar yang memiliki 5 kursi, sudah merapat ke PDI perjuangan yang memiliki 20 kursi di legislatif Kabupaten Sukoharjo.

"Dengan skema seperti, sangat kecil kemungkinan untuk membentuk poros baru," imbuhnya.

Belum Tentukan Calon, Golkar Sukoharjo Masih Tunggu Keputusan dari PDI Perjuangan

Sementara itu, PKB yang memiliki 3 kursi, serta Partai NasDem dan Partai Demokrat yang masing-masing memiliki 1 kursi belum menyatakan sikap.

Jumlah kursi PKB, NasDem, dan Demokrat juga tidak memenuhi syarat minimal jumlah dukungan untuk mengusung calonnya sendiri, yang mana membutuhkan minimal 9 kursi.

Terkait dengan bakal Paslon dari PDI Perjuangan yang akan dapat rekomendasi, Agus Sumantri meyakini PDI perjuangan akan memunculkan bakal Paslon terbaik.

Pilkada 2020, Golkar Sukoharjo Ngaku Mantap Koalisi dengan PDI Perjuangan

Saat ini terdapat tiga bakal Calon Bupati Sukoharjo dan enam bakal Calon Wakil Bupati Sukoharjo yang telah mendaftar melalui PDI Perjuangan untuk maju dalam Pilkada Sukoharjo 2020.

"Kita perkirakan rekomendasi bulan ini turun, lalu mesin organisasi akan kita gerakan." katanya.

"Calon yang diusung petahana akan lebih mudah dalam melakukan sosialisasi, masyarakat akan lebih mudah untuk mengikuti dan mengenali," ucapnya.

"Yang jelas Pilkada ini harus bisa bermafaat," tandasnya. (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Ilham Oktafian
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved