Solo KLB Corona

Diprediksi Permintaan Tes Meroket, Seluruh Tenaga Medis di Klaten Dibekali Cara Melakukan Uji Swab

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) menyelenggarakan On Job Training (OJT) uji tes swab di Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (25/6/2020).

Tribunsolo.com/Mardon Widiyanto
Kegiatan pelatihan pengambilan uji swab oleh DKK di Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (25/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Mardon Widiyanto

TRIBUNSOLO.COM, KLATEN - Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) menyelenggarakan On Job Training (OJT) uji tes swab di Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (25/6/2020).

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh dokter dan tenaga medis yang bekerja di rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Klaten.

Kabid Pelayanan Kesehatan DKK Klaten Nyantosani, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih dokter dan tenaga medis dalam melakukan pengambilan uji swab.

"Pelatihan ini diikuti sejumlah petugas medis di 11 rumah sakit dan 34 puskesmas," ungkapnya kepada TribunSolo.com.

Update Ledakan Mesin Pengolah BBM yang Tewaskan 1 Orang di Karanganom, Begini Kata Polres Klaten

Siap-siap! Nekat Tak Pakai Masker di Klaten Mulai 1 Juli, Identitas e-KTP Bakal Disita Petugas

Dalam pelaksanan pelatihan ini, peserta diberikan pengetahuan tentang cara pelaksanaan pengambilan uji swab pada pasien.

Menurutnyam dalam teknik pengambilan sampel swab bisa dilakukan dua cara, yaitu nasofaring atau melalu tenggorok belakang hidung, dan orofaring atau di belakang mulut.

"Selain diberikan materi, kami juga mengadakan praktek pengambilan uji swab langsung ke manusia yaitu rekan medis," kata Sani.

Selain untuk memberikan edukasi, hal yang melatarbelakangi DKK Klaten mengadakan kegiatan tersebut juga karena kebutuhan untuk pemeriksaan uji swab yang semakin hari semakin meningkat.

Mengingat jumlah kouta pengambilan uji swab di rumah sakit yang ditentukan maksimal hanya 10, padahal yang akan melakukan uji Swab itu lebih banyak.

Halaman
12
Penulis: Mardon Widiyanto
Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved