Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi Apakah Berbahaya? Ini Penjelasan Ahli Kesehatan

Gusi berdarah saat menyikat gigi termasuk masalah kesehatan gigi dan mulut yang dialami banyak orang.

lifehack
Ilustrasi 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Gusi berdarah saat menyikat gigi termasuk masalah kesehatan gigi dan mulut yang dialami banyak orang.

Dokter gigi Putri Kumala Santi, Sp.BM menjelaskan gusi berdarah saat sikat gigi diakibatkan adanya inflamasi pada gusi.

Inflamasi atau peradangan gusi paling mudah disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menempel di gigi karena tidak rajin membersihkan gigi.

5 Cara untuk Mengusir Kantuk di Pagi Hari, Lakukan Pijitan Ringan hingga Sarapan Pagi

Cara Membuat Face Shield Pakai Bahan Mudah Didapat, Selesai dalam 10 Menit

"Sikat gigi, berdarah gingivitis atau inflamasi pada gusi alias radang gusi yang disebabkan oleh sisa makanan yang lama-lama kelamaan menumpuk," ucap drg. Putri saat live instagram bersama RS Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Makanan yang menumpuk kemudian membentuk plak gigi atau karang gigi yang menjadi tempat bersarangnya bakteri pada gusi dan gigi.

Timbulnya karang gigi itu akan mengganggu struktur gigi termasuk sistem pembuluh darah di gusi sehingga gusi mudah berdarah saat menyikat gigi walaupun sudah sangat pelan menggosoknya.

"Bakteri mempengaruhi kondisi normal gusi jadi pembuluh darah akan berubah jadi lebih rentan, ketika terkena tekanan akan mudah berdarah ada toksin bakteri," kata drg. Putri.

Ilustrasi anak sikat gigi
Ilustrasi anak sikat gigi (freepik.com/drobotdean)

Supaya gigi bersih dan sehat drg. Putri juga mengingatkan untuk menyikat gigi dua kali sehari dan jangan sampai kelewatan sikat gigi malam.

Pastikan tidak ada sisa makanan yang menempel di gusi dengan membersihkan gigi dengan dental flosh atau benang gigi.

Dental flosh lebih aman dibandingkan menggunakan tusuk gigi karena ujung tusuk gigi yang runcing bisa makin mendorong sisa makanan ke dalam sela gigi.

Lalu kumur mulut dengan menggunakan cairan kumur antiseptik atau mouth wash untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang menempel.

"Kumur dengan mouth wash yang mengandung coricidin povidone-iodine, ketentuan pakai ada di kemasannya biasanya," kata drg. Putri (Apfia Tioconny Billy)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Pemicu Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi, Simak Penjelasan Ahli

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved