Virus Corona

Mengenal Tentang Ruam pada Pasien Covid-19, Biasanya Muncul di daerah Batang Tubuh, Lengan, dan Kaki

Ahli dermatologi dari New York, Marie Hayag, juga mengatakan, virus corona jenis baru juga bisa menyebabkan ruam pada kulit.

(pumatokoh)
Ilustrasi ruam pada kulit 

TRIBUNSOLO.COM - Baru-baru ini riset dari Italia yang meneliti 88 pasien positif Covid-19 membuktikan bahwa ruam pada kulit merupakan salah satu gejala dari penyakit tersebut.

Ahli dermatologi dari New York, Marie Hayag, juga mengatakan, virus corona jenis baru juga bisa menyebabkan ruam pada kulit.

Pakai Face Shield & Masker Standar Internasional, Menhub Budi ke Solo Lagi Seusai Sembuh dari Corona

Namun, membedakan ruam karena infeksi Covid-19 dengan ruam karena penyakit lain memang tidak mudah.

Menurut Hayag, ruam karena infeksi corona ini bisa muncul dalam berbagai bentuk, seperti memar yang bisa jadi tanda adanya pembekuan di pembuluh darah atau berbentuk jaring.

"Biasanya, ruam muncul di daerah batang tubuh, lengan, dan kaki," tambahnya.

Beberapa pasien Covid-19 juga mengalami lesi ungu atau biru di jari-jari kaki mereka, atau yang terkenal dengan istilah "Covid Toes".

Namun, munculnya ruam karena infeksi Covid-19 ini memang masih memerlukan penelitian mendalam.

Sampai sekarang, ruam pada kulit belum terdaftar dalam Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) sebagai gejala umum Covid-19.

"Fakta tersebut tetap menjadi gejala yang harus diwaspadai para medis untuk mencegah kesalahan diagnosis di masa depan," ucapnya.

Kasus kesalahan diagnosis ini pernah tercatat dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of American Academy of Dermatology.

Halaman
12
Editor: Naufal Hanif Putra Aji
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved