Breaking News:

Firli Ikut Rayakan Kelahiran Polri di Gedung KPK, ICW Mengecam : Rawan Terjadi Konflik Kepentingan

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri diketahui turut serta memperingati Hari Bhayangkara atau HUT Polri Gedung Merah Putih (KPK).

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjalani uji kepatutan dan kelayakan di ruang rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Uji kelayakan dan kepatutan Capim KPK akan berlangsung selama dua hari yaitu pada 11-12 September 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNSOLO.COM - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri diketahui turut serta memperingati Hari Bhayangkara atau Hari Ulang Tahun (HUT) Polri Gedung Merah Putih (KPK).

Kecaman pun datang dari pihak Indonesia Corruption Watch (ICW) yang mempermasalahkan aksi seremonial pucuk pimpinan lembaga antirasuah itu saat peringatan Korps Bhayangkara.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan, Gedung Merah Putih KPK seharusnya digunakan untuk kegiatan pemberantasan korupsi, bukan untuk merayakan hari kelahiran Polri.

Viral AKP Priyono Tolak Laporan Anak Pidanakan Ibu Kandung, Kini Terima Penghargaan Polda NTB

Pemerintah Diperingatkan Agar Tindak Tegas ASN yang Tak Netral Jelang Pilkada Serentak di 270 Daerah

"Yang bersangkutan juga tidak memahami bahwa Gedung KPK itu dipergunakan untuk menjalani aktivitas yang berkaitan dengan pemberantasan korupsi, bukan justru untuk merayakan hari lahir institusi tertentu," kata Kurnia, Rabu (1/7/2020).

Kurnia mengatakan, keikutsertaan Ketua KPK Firli Bahuri dalam memperingati Hari Bhayangkara tersebut merupakan konsekuensi dari sikap Firli yang menolak mundur sebagai anggota Polri.

Tidak mundurnya Firli dari anggota Polri, kata Kurnia, menyebabkan loyalitas ganda.

Sebab, Firli juga berstatus sebagai bawahan Kapolri dan tetap mengabdi kepada Polri meski telah menjabat sebagai Ketua KPK.

"Kedua, rawan terjadi konflik kepentingan. Misalnya, bagaimana publik akan yakin bahwa yang bersangkutan akan obyektif ketika menangani perkara korupsi yang menyentuh oknum di kepolisian?" kata Kurnia.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan bahwa Firli serta pejabat struktural KPK yang berasal dari institusi Polri mengikuti upacara Hari Bhayangkara secara virtual dari Gedung KPK.

Belum Genap Sebulan Dilantik Jokowi, KPK Dipimpin Firli Bahuri Berhasil OTT Bupati Sidoarjo

KPK Temukan 4 Aspek Masalah Kartu Prakerja, Begini Respons Pihak Istana Kepresidenan

Upacara tersebut dilaksanakan di Istana Negara yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan digelar secara virtual mengingat kondisi pandemi Covid-19.

"Kegiatan upacara peringatan hari Bhayangkara juga dilakukan secara daring oleh para pejabat di kementerian/lembaga di kantor masing-masing sebagai bentuk pencegahan penyebaran wabah Covid-19," kata Ali. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Peringati Hari Bhayangkara dari Gedung KPK, Firli Dikritik

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved