Breaking News:

Pilkada Sukoharjo 2020

Indeks Kerawanan Pilkada Kabupaten Sukoharjo Tertinggi Se-Jateng, Ini Rekomendasi Bawaslu

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sukoharjo, Bambang Muryanto menyebut nilai IKP Kabupaten Sukoharjo menjadi yang tertinggi 231,90.

Penulis: Agil Tri | Editor: Adi Surya Samodra
Foto Istimewa/via https://apahabar.com
Pilkada 2020 - KPU 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJOIndeks Kerawanan Pilkada (IKP) Kabupaten Sukoharjo menempati peringkat teratas dari 21 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sukoharjo, Bambang Muryanto menyebut nilai IKP Kabupaten Sukoharjo menjadi yang tertinggi dengan angka 231,90. 

Kemudian disusul Kabupaten Pemalang dengan nilai 230,82 dan Kabupaten Pekalongan dengan skor IKP 228,29 di peringkat ketiga.

Viral Video 10 Wanita Berbaju Ketat Gowes Keliling Aceh Bikin Wali Kota Marah, Begini Nasib Mereka

300 Pengguna Sepeda Tak Pakai Masker Dihukum Senam, Satpol PP : Mayoritas Warga Solo

Reaksi Warga Solo Didatangi Tim Verifikator Syarat Dukungan Pasangan Bajo : Kami Tidak Mendukung

Menurut Bambang, pemetaan kerawanan Pilkada dalam IKP ini bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang mengganggu atau menghambat proses Pilkada yang demokratis.

"IKP Sukoharjo paling tinggi se-Jateng degan skor 231,90. Rinciannya, konteks sosial 55,56, konteks politik 77,36, konteks dukungan infrastruktur 43,90 dan konteks pandemi 55,08," katanya, Selasa (7/7/2020).

Bambang menjelaskan, IKP disusun sebagai alat untuk mengetahui dan mengidentifikasi ciri, karakteristik, dan kategori kerawanan. 

Selain itu, IKP juga sebagai alat pemetaan, pengukuran potensi, prediksi dan deteksi dini serta pemetaan kerawanan saat terjadinya pandemi Corona. 

"Dimensi IKP Pilkada 2020 sendiri ada empat dimensi, yakni konteksi sosial, konteksi politik, konteks infrastruktur daerah, serta konteks pandemi," jelasnya.

Bambang menjelaskan konteks sosial terdiri dari gangguan keamanan, kekerasan atau intimidasi pada penyelenggaran. 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved