Breaking News:

Idul Adha 2020

Idul Adha 2020, Dinas Pertanian Klaten Cek Pelaksanaan Pemotong Hewan Kurban, Begini Hasilnya 

Pemeriksaan terhadap hewan kurban dilakukan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Klaten dan menemukan kurban sehat.

TRIBUNSOLO.COM/ MARDON WIDIYANTO
Petugas Pengawas Pemotongan Hewan Kurban Kabupaten Klaten, Triyanto melakukan pemeriksaan di Pemotongan Hewan Kurban di Halaman Belakang Masjid Raya Klaten, Jum'at, (31/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Mardon Widiyanto

TRIBUNSOLO.COM, KLATEN - Pemeriksaan terhadap hewan kurban dilakukan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Klaten.

Petugas pengawas pemotongan hewan kurban bidang Pertenakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kabupaten Klaten, Triyanto menyampaikan semua hewan kurban dinyatakan sehat.

"Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap hewan - hewan kurban di beberapa titik pemotongan hewan di Kabupaten Klaten dan hasil yang saya terima, hasilnya sehat," ungkap Triyanto kepada TribunSolo.com di Masjid Raya Klaten, Jumat (31/7/2020).

Tak Seperti di Tempat Lain, Sapi Kurban Jokowi di Masjid Al Wustho Tak Ada Perlakuan Khusus

Pakai Batik Coklat & Kerudung Oranye, Bupati Sri Mulyani Ikuti Salat Idul Adha di Alun-Alun Klaten

Lebih lanjut, kegiatan pemeriksaan hewan kurban tersebut dilaksanakan mulai Selasa (14/7/2020) sampai hari pelaksanaan pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1441 H. 

Untuk pemeriksaan saat pemotongan hewan kurban, pihaknnya melakukan pemeriksaan antemortem atau sebelum ternak disembelih dan pemeriksaan postmortem atau pemeriksaan ternak setelah disembelih.

"Pemeriksaan hewan kurban dimulai saat pemeriksaan hewan di Pasar Sapi Jatinom, hingga saat ini, untuk pemeriksaan saat ini, kami telah pengecekan secara antemortem dan postmortem," kata Triyanto.

Triyanto mengaku dalam pengecekan hewan kurban, pihaknya mengerahkan 23 tim yang total petugas sekira 49 personel.

Dalam pengecekan hewan kurban, mereka memastikan hewan tersebut sudah memiliki surat kesehatan hewan.

"Dalam pengerahan petugas pengawas, kami sudah mengerahkan 49 personel yang terbagi 23 tim, dalam pengecekan tim memastikan hewan sudah mempunyai surat kesehatan hewan terlebih dahulu," ujar Triyanto.

Lebih lanjut, Triyanto mengatakan dalam pemotongan hewan kurban, penjagal hewan kurban wajib menggunakan protokol kesehatan.

Hal ini untuk mencegah tingkat kerumunan tinggal dan persebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten.

"Selain itu, kami juga minta dalam pemotongan hewan juga melakukan protokol kesehatan Covid-19 salah satunya memakai masker," tutur Triyanto. (*)

Penulis: Mardon Widiyanto
Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved