Breaking News:

Menantikan Amien Rais Hengkang dari PAN yang Dipimpin Zulkifli Hasan dan Membentuk Partai Baru

"Sudah ada 28 usulan dari daerah dan dibahas oleh tim khusus, bisa dipilih dari salah satu 28 usulan, bisa juga murni berdasarkan aspirasi itu."

TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Sosok pendiri dan mantan Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. 

TRIBUNSOLO.COM - Tak sejalan dengan langkah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Amien Rais dan gerbongnya bakal mendirikan partai baru menyambut pemilu 2024.

Loyalis Amien Rais yang juga salah satu pendiri PAN, Putra Jaya Husein mengatakan, nama untuk partai baru belum diputuskan, karena harus mencerminkan arah perjuangan partai nantinya.

"Sudah ada 28 usulan dari daerah dan dibahas oleh tim khusus, bisa dipilih dari salah satu 28 usulan, bisa juga murni berdasarkan aspirasi itu," papar Putra, Rabu (26/8/2020).

Selain nama partai, kata Putra, persiapan juga dilakukan untuk beberapa hal seperti AD/RT hingga struktur partai politik nantinya.

Amien Rais Mustahil Kembali ke PAN, Pilih Launching Partai Baru Desember 2020 Nanti

Ketum PAN Zulkifli Hasan Ibaratkan Amien Rais Seperti Pesawat : Maju Terus Tidak Ada Remnya

Namun, Putra tidak dapat menyebutkan sudah berapa persen pembentukan partai baru yang ditargetkan akan selesai pada Desember 2020.

"Kalau partai itu quality, jadi tidak bisa dia (sebut berapa persen), kalau ide bagaimana? Berapa persen idenya? Tidak bisa," papar Putra.

Eks Ketua DPP PAN Agung Mozin mengatakan, pembentukan partai politik baru karena Amien Rais sudah tidak sejalan dengan PAN yang dipimpin Zulkifli Hasan pada saat ini.

"Pak Amien sudah mengatakan, kira-kira Desember 2020 (sudah terbentuk partai baru). Untuk namanya belum ada," ujar Agung.

Menurut Agung, partai baru nantinya lahir bukan hanya kecewa terhadap PAN, tatapi sesungguhnya sebagai jawaban atas kebutuhan rakyat yang sangat kecewa oleh partai-partai lama yang sudah tidak  lagi menyuarakan kepentingan rakyat.

Kisah Perempuan Sragen yang Tengah Hamil Tua Sudah Menginjak 9 Bulan Sembuh dari Jeratan Corona

Viral Amien Rais Sebut PAN Mentor Oligarki Politik Usai Dukung Gibran, Sekjen PAN: Itu Akun Palsu

"Kami semua dalam proses mempersiapkan, konsolidasi politik dilakukan di seluruh daerah dan banyak 
tokoh politik yang ada di pusat maupun di daerah, sudah menyatakan diri akan bergabung dengan partai  yang baru yang akan dibentuk kawan-kawan ini," papar Agung.

Amien Rais disebut tidak akan menjadi ketua umum partai baru yang akan dibentuknya.

Menurut Putra, Amien yang merupakan pendiri PAN dan saat menjabat sebagai ketua umum, tidak menginginkan posisi tersebut sebanyak dua periode.

Amien menyerahkan ke generasi penerusnya yakni Soetrino Bachir.

"Pak Hatta Rajasa satu periode, diteruskan Pak Zulkifli dan satu-satunya yang ingin dua periode Pak Zul, tidak regenerasi," papar Putra. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Amien Rais Gagas Partai Baru, Untuk Namanya Sudah Kantongi 28 Usulan

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved