Breaking News:

Mengenal Efek Samping Konsumsi Suplemen Vitamin yang Berlebihan atau Tidak Tepat Bagi Tubuh

Di tengah pandemi Covid-19 ini banyak orang yang berbondong-bondong mencari suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

NatchaS
Ilustrasi vitamin C 

TRIBUNSOLO.COM - Di tengah pandemi Covid-19 ini banyak orang yang berbondong-bondong mencari suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal ini tak lepas sebagai upaya agar tubuh bisa kuat terhadap virus.

Selesai Jalani Tes Kesehatan Pertama, Bapaslon ORI Berencana Puasa Malam Nanti, Ini Alasannya

Namun dalam mengonsumsi suplemen vitamin seseorang juga perlu mengetahui batasannya agar tidak menimbulkan efek samping.

Dokter Filsuf Ahli Gizi Komunitas, Dokter Tan Shot Yen mengungkap suplemen yang berlebihan atau tidak tepat juga terdapat efek sampingnya.

"Belum lama ada pasien seeorang pekerja yang lebih memilih konsumsi suplemen, jamu dan vitamin yang praktis, yang terjadi pada dia justru sariawan dan rambut rontok" ujarnya dalam tayangan Youtube TribunNews, (14/9/2020).

Kondisi ini dinamakan Hipervitaminosis, yaitu penumpukan vitamin yang sangat berlebihan di dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan keracunan. 

Dokter Tan lebih menyarankan kepada masyarakat untuk mengonsumsi sayur-sayuran dan buah yang cukup.

Ia pun menjelaskan ketika memberikan antioksidan kepada pasien tidak pernah memberikan satu antioksidan saja.

"Saya selalu menyarankan ke pasian, kalau bisa jangan minum Vitamin C saja, karena ini akan diubah menjadi radikal bebas, kalau tidak ada antioksidan lain tidak bisa juga menghilangkan radikal bebasnya, itu yang akibatkan sariawan tadi." jelasnya.

Kisah Haru Anak yang Ayahnya Meninggal Kecelakaan, Sadar Screenshot Video Call Terakhir Jadi Firasat

Berikut ini adalah kebutuhan vitamin C harian sesuai usia yang disarankan Pemerintah melalui Peraturan Menteri Kesehatan Republik (PMK) Indonesia No. 28 tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia:

Halaman
1234
Penulis: Naufal Hanif Putra Aji
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved