Breaking News:

Penanganan Covid

Tips Aman Naik Kendaraan Umum di Tengah Pandemi Menurut Menhub Budi Karya

Budi Karya mengingatkan masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan di angkutan umum.

Editor: Hanang Yuwono
TribunSolo.com/Adi Surya
ILUSTRASI Petugas Mata Trans mengecek suhu tubuh penumpang yang hendak naik ke bus, Sabtu (20/6/2020). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memicu tren penurunan penggunaan kendaraan umum.

Meski demikian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pandemi Covid-19 bukanlah halangan untuk berkegiatan menggujnakan transportasi umum.

Asalkan, menurut dia, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

BIN Siagakan Satgas Intelijen Medis untuk Bantu Penanganan Covid-19 di Indonesia

Kemenkes Pilih Bogor sebagai Lokasi Uji Coba Vaksin Covid-19, Apa Alasannya?

Oleh karenanya, Budi Karya mengingatkan masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan di angkutan umum.

Dengan begitu, penularan Covid-19 di transportasi massal dapat diminimalisir.

“Tentu ya, harus pakai masker, jaga jarak, cuci tangan terus, dan jangan berkerumun,” ujar Budi melalui keterangan tertulis, Minggu (4/10/2020).

Ia pun mendorong masyarakat untuk tetap menggunakan kendaraan umum dengan antarmoda. Menurutnya, antarmoda yang paling baik saat ini adalah sepeda.

Pekerja menunggu transportasi umum usai bekerja di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (14/9/2020). Pemerintah Provinsi DKI memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat mulai hari ini hingga dua pekan ke depan untuk meredam penyebaran virus corona (Covid-19). Kapasitas karyawan dalam gedung perkantoran baik pemerintah maupun swasta dibatasi maksimal hanya 25 persen. Tribunnews/Jeprima
Pekerja menunggu transportasi umum usai bekerja di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (14/9/2020). Pemerintah Provinsi DKI memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat mulai hari ini hingga dua pekan ke depan untuk meredam penyebaran virus corona (Covid-19). Kapasitas karyawan dalam gedung perkantoran baik pemerintah maupun swasta dibatasi maksimal hanya 25 persen. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Menurut Budi, dengan bersepeda menuju angkutan umum seperti KRL, masyarakat bisa mengurangi jumlah kendaraan pribadi sekaligus bisa menerapkan hidup sehat dengan olahraga.

“Gunakan angkutan massal dengan antarmoda. Antarmoda yang paling baik adalah sepeda karena sepeda bisa juga untuk olahraga,” ujarnya.

Selain mengajak masyarakat untuk menggunakan transportasi umum, Menteri Budi Karya Sumadi juga mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan bersepeda.

Budi Karya melakukan kunjungan ke Stasiun Cisauk dengan menggunakan KRL pada Minggu (4/10/2020).

Berangkat dari Stasiun Palmerah, Budi bersama sejumlah pegiat sepeda dan jajaran Kementerian Perhubungan membuktikan bahwa menggunakan KRL tetap bisa menjadi pilihan transportasi masyarakat di tengah pandemi ini. (Fahdi Fahlevi)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Menhub Budi Karya Beberkan Cara Aman Beraktivitas dengan Transportasi Umum di Masa Pandemi

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved