Breaking News:

Penanganan Covid

Kemlu Ungkap Alasan Mengapa Indonesia Getol Amankan Vaksin Covid-19 dengan Berbagai Negara

Sebagai upayanya, pemerintah baru-baru ini tengah gancar melakukan kerja sama multilateral untuk melawan Covid-19.

Editor: Naufal Hanif Putra Aji
Dok Kemlu RI
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Jakarta, Kamis (17/9/2020). 

TRIBUNSOLO.COM - Pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga berakhir.

Sebagai upayanya, pemerintah baru-baru ini tengah gancar melakukan kerja sama multilateral untuk melawan Covid-19.

Baca juga: Jelang Debat Pertama Pilkada Sukoharjo 2020, KPU Siapkan Tema Ekonomi saat Pandemi Corona

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi belakangan rutin melakukan kerja sama multilateral terkait pengadaan vaksin Covid-19 dengan sejumlah negara.

Termasuk saat ini Indonesia tengah mengupayakan kerja sama dengan badan kesehatan dunia WHO untuk mendapatkan akses vaksin sekiranya 20 persen dengan harga terjangkau.

Hal itu menimbulkan pertanyaan di masyarakat bahwa Pemerintah nampak getol mengamankan vaksin Covid-19 dengan sejumlah negara.

Kementerian Luar Negeri RI lewat Direktur Jenderal Kerjasama Multilateral Febrian Alphyanto Ruddyard, Jumat (16/10/2020), mengungkapkan bahwa kerja sama vaksin yang dilakukan bertujuan agar Indonesia tidak tertinggal dalam pengadaan vaksin.

Termasuk soal kunjungan Menlu dan Menteri BUMN, Erick Thohir ke sejumlah negara termasuk ke London, Inggris kemarin dan ke Jenewa Swiss pada hari ini.

Hal tersebut dikarenakan kemampuan industri untuk memproduksi vaksin dalam masa yang pendek dengan jumlah yang besar itu tidak dimungkinkan.

Walaupun Indonesia sendiri juga tengah mengupayakan ketersediaan vaksin Covid-19 secara mandiri berupa vaksin merah putih.

“Saat ini masyarakat dunia sedang memerlukan vaksin. Tidak ada tertinggal dibelakang. Diplomasi kita memastikan bahwa kita tidak tertinggal dalam memperoleh vaksin,” kata Febri dalam konferensi pers virtual, Jumat (16/10/2020).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved