Breaking News:

Dikabarkan Mulai Kembangkan Mesin Hybrid untuk Motor, Desain Kawasaki Bocor ke Publik

Mesin tersebut menggabungkan mesin bensin dengan motor listrik, untuk mendapatkan dorongan performa dan efisiensi, sambil mengurangi emisi.

(Aditya Maulana - KompasOtomotif)
Ilustrasi: Kawasaki Ninja 250 Generasi Terbaru Meluncur di Tokyo Motor Show 2017 

TRIBUNSOLO.COM - Pengembangan motor masa depan terus bervariasi dan memunculkan teknologi baru. 

Seperti yang dilakukan kawasaki yang saat ini sedang mengembangkan mesin hybrid (hibrida).

Kawasaki diketahui sedang mengembangkan motor listrik. Namun, belum lama ini paten dari desain Kawasaki bocor ke publik dan memperlihatkan pabrikan asal Jepang tersebut sedang mengembangkan mesin hybrid (hibrida).

Baca juga: Silaturahmi dengan Tokoh Muhammadiyah Solo, Gibran - Teguh Dapat Pesan Rangkul Semua Elemen

Baca juga: Rekening Dokter Gigi di Surabaya Dibobol, Uang Rp 400 Juta Hanya Tersisa Rp 500.000

Produsen sepeda motor selalu berlomba-lomba untuk menciptakan yang terbaik, baik efisiensi bahan bakarnya dan keramahan terhadap lingkungan. Tak terkecuali Kawasaki yang terkenal dengan motor-motor berperforma tinggi.

Dikutip dari Bennetts.co.uk, Kawasaki tidak berniat untuk memproduksi motor listrik secara massal. Sejak beberapa tahun belakangan ini, Kawasaki sudah mengajukan banyak paten untuk membuat motor hybrid.

Mesin tersebut menggabungkan mesin bensin dengan motor listrik, untuk mendapatkan dorongan performa dan efisiensi, sambil mengurangi emisi.

Belum ada purwarupa yang diperlihatkan dari pengembangan tersebut. Kawasaki juga belum mengeluarkan pernyataan terkait rencana pembuatan motor hybrid.

Paten dari Kawasaki menjelaskan bahwa gabungan dari mesin bensin dan motor listrik ini dapat disematkan pada transmisi konvensional. Sehingga, tiap motor listrik bisa memberikan tenaga pada motor, baik secara independen atau bersamaan.

Motor listrik ini juga disebutkan dapat berperan sebagai generator, mengecas aki saat mesin bensin digunakan dan dorongan tenaga dari motor listrik tidak digunakan.

Pada paten yang beredar, tuas gas yang digunakan dibuat berbeda. Terdapat tombol untuk memilih mode dan mengaktifkan dorongan tenaga dari motor listrik.

Menariknya, tombol tersebut akan mengikuti putaran gas. Sehingga, tombol tetap bisa ditekam, seberapa besar pun tuas gas dipelintir.

Tidak ada garansi yang menyebutkan teknologi tersebut akan sampai ke tahap produksi. Namun, Kawasaki sudah mengajukan setidaknya tujuh paten terpisah terkait motor hybrid dalam satu tahun belakangan ini. Hal tersebut menunjukkan keseriusan Kawasaki dalam mengembangkan motor hybrid.

Motor hybrid bukanlah sesuatu yang baru. Di Indonesia, Honda sudah memasarkan PCX Hybrid. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kawasaki Mulai Kembangkan Mesin Hybrid untuk Motor

Editor: Ryantono Puji Santoso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved