Breaking News:

Ini Biaya Tol dari Jakarta ke Solo, Siapkan Saldo Rp 401.000

Tak sedikit warga Indonesia yang berencana memanfaatkan waktu libur panjang pada 27 Oktober - 1 November 2020 untuk pulang ke kampung halaman seperti

Editor: Agil Tri
TribunSolo.com/Asep Abdullah
Ilustrasi Jalan Tol 

TRIBUNSOLO.COM - Tak sedikit warga Indonesia yang berencana memanfaatkan waktu libur panjang pada 27 Oktober - 1 November 2020 untuk pulang ke kampung halaman seperti Solo.

Kini, akses menuju wilayah Jawa Tengah cukup mudah seiring tersambungnya seluruh ruas Jalan Tol Trans-Jawa dan pelonggaran pembatasan aktivitas atau PSBB dalam upaya menekan penyebaran virus corona.

Kota Solo sendiri menjadi kota tujuan para wisatawan dari Jabodetabek yang hendak berwisata di Solo atau Yogyakarta.

Sebab, melalui tol Trans-Jawa, wisatawan yang hendak berkunjung ke Yogyakarta akan keluar dari pintu tol di Solo. Karena belum ada tol penyambung Solo - Yogyakarta.

Jarak tempuh dari Jakarta ke Soli via Tol Trans-Jawa juga lebih singkat, hanya membutuhkan waktu sekira 7 jam perjalanan.

Berdasarkan perhitungan manual Kompas.com, pengendara kendaraan pribadi yang ingin memanfaatkan jalan bebas hambatan alias tol pada kesempatan ini dari Jabodetabek patut menyiapkan Rp 401.000 untuk sekali perjalanan.

 Biaya tersebut di luar diskon yang biasanya diterapkan badan usaha jalan tol (BUJT) selama beberapa waktu tertentu. Adapun perhitungan ini dari Tol Jakarta - Cikampek sampai Tol Semarang - Solo.

Pada ruas pertama, Anda harus menyiapkan saldo uang elektronik alias e-toll sebesar Rp 15.000 untuk bayar tol Jakarta - Cikampek. Kemudian ambil ruas Cikopo - Palimanan yang tarifnya sebesar Rp 107.500 (116,75 Km).

Setelah itu, pengendara bakal melewati tol Palimanan - Kanci sepanjang 26 kilometer dengan total tarif Rp 12.000 dan menyambung ke ruas Kanci - Pejagan yang bertarif Rp 29.000.

Selepas itu, masuk ruas tol Pejagan - Pemalang yang dikenai tarif sebesar Rp 57.500. Kemudian Anda akan tiba di ruas Pemalang - Batang dan bayar Rp 35.000.

Baca juga: Rahasia Khabib Nurmagomedov Baru Terungkap, Ternyata Hadapi Laga Semalam dengan Kaki yang Baru Patah

Baca juga: Teganya Pria 60 Tahun Pukuli Anak Yatim sampai Babak Belur, Korban Tetap Dihajar Meski Minta Ampun

Baca juga: Kisah 2 Satpam Pergoki Orang yang Tanpa Izin Masuk Area Terlarang, Kini Malah Jadi Tersangka

Baca juga: Waspada Penipuan Bermodus Bantuan Corona, Pelaku Bawa Amplop Tebal Isi Kertas, Incar Perhiasan Warga

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved