Penanganan Covid

Masyarakat Tak Boleh Lengah Terapkan Protokol Kesehatan Jika Ingin Indonesia Menang Lawan Covid-19

Meski penanganan Covid-19 semakin baik, masyarakat diminta tidak lengah dan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

Editor: Hanang Yuwono
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
ILUSTRASI: Masker kini menjadi barang penting di tengah pandemi. Bagi orang dewasa tentu sudah terbiasa menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, namun membiasakan diri kepada anak adalah tugas dari orang tua. Salah satu tips agar anak terbiasa mengenakan masker adalah memastikan anak tahu mengapa dia disarankan mengenakan masker, yang pada dasarnya untuk menjaga diri mereka sendiri dan orang lain agar tetap aman, pastikan masker nyaman dipakai oleh anak dan pilih motif yang sesuai dengan kesukaan anak misal gambar kartun atau tokoh idola. 

TRIBUNSOLO.COM - Kunci keberhasilan pemerintah dalam menangani Covid-19 di Indonesia adalah tingkat kedisiplinan masyarakat.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, meski penanganan Covid-19 semakin baik, masyarakat diminta tidak lengah dan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

Wiku mengatakan justru capaian baik ini seyogyanya menjadi motivasi dalam meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya pencegahan Covid-19.

Baca juga: Ini Antisipasi Pemerintah Jika Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca-Libur Panjang

Baca juga: 8 Negara di Eropa Kembali Terapkan Lockdown Dampak Covid-19, Jokowi : Kita Jangan Sampai Teledor

Baca juga: Roadmap Vaksinasi Nasional terkait Covid-19 dalam Tahap Finalisasi, Apa Saja yang Kini Dikaji?

Hal itu disampaikan Wiku melalui keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (3/11/2020).

"Selalu disiplin protokol 3M dan pastikan beristirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi dan rutin berolahraga," ucap Wiku.

Selain itu, masyarakat diminta untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat jika merasakan gejala.

Bagi masyarakat yang positif Covid-19, agar ikuti anjuran tenaga kesehatan selama masa perawatan sehingga segera sembuh.

Masyarakat jangan takut ke rumah sakit karena biaya perawatan semuanya ditanggung pemerintah.

"Ingat, kunci keberhasilan kita adalah menjalankan komitmen untuk menjalankan protokol kesehatan. Pandemi ini, akan lebih mudah ditangani apabila masyarakat dan pemerintah sepakat bahu membahu menjalankan perannya masing-masing," kata Wiku.

Wiku juga menyampaikan bahwa Satgas Penanganan Covid-19 mengapresiasi para pihak yang terlibat dalam penanganan pandemi Covid-19, termasuk masyarakat dan pemerintah yang menerapkan protokol kesehatan.

"Saya ucapkan terimakasih atas usaha dan kerja keras, serta kesabaran baik masyarakat, tenaga kesehatan, relawan maupun pemerintah dalam menjalani kehidupan baru dengan beradaptasi terhadap Covid-19," ucap Wiku.

Dalam penanganan pandemi Covid-19, Indonesia telah mengukir prestasi seperti tren penurunan kasus aktif, penurunan angka kematian, dan tren kenaikan angka kesembuhan dari bulan ke bulan.

Dalam penerapan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan), lebih dari 68 persen masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Pada upaya pemerintah 3T yaitu testing, tracing dan treatment, pencapaiannya meningkat.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved