Breaking News:

Penanganan Covid

BPOM RI Akui Pfizer dan Sputnik Sudah Berencana Uji Klinik Vaksin Covid-19 di Indonesia

Ia menyebut, kandidat vaksin tersebut seperti Pfizer, Astrazeneca, Sputnik V dari Rusia.

DOK.BioNTech
Perusahaan farmasi Pfizer dan BioNTech mengklaim kandidat vaksin covid 19 yang mereka uji 90 persen efektif bisa melawan virus corona. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA -- Pfizer dan Sputnik V menjadi kandidat vaksin Covid-19 yang nantinya bakal dipasarkan.

Diungkapkan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito, ada komunikasi yang mengarah pada kemungkinan produksi dan uji klinik vaksin Covid-19 selain Sinovac di Indonesia.

Hal itu disampaikan Penny dalam konferensi pers daring, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Salurkan Bantuan Rp 1 Miliar ke Pengungsian Merapi, Doni Monardo : Jangan Sampai Tertular Covid-19

Baca juga: Putus Mata Rantai Covid-19, Yuni Minta Masyarakat Tanam Empon-empon di Rumah

"Sudah ada beberapa vaksin yang sudah mulai berkomunikasi dengan BPOM untuk membicarakan dikaitkan dengan satu akan melakukan uji klinik di Indonesia juga ada ya beberapa vaksin," ujar Penny.

Ia menyebut, kandidat vaksin tersebut seperti Pfizer, Astrazeneca, Sputnik V dari Rusia.

"Jadi sudah ada beberapa. Moderna belum, tapi Pfizer, Astrazeneca, Sputnik juga sudah, dan saya kira nanti mereka akan mencari mitra industri farmasinya yang ada di sini," sambung dia.

Perempuan berhijab ini menegaskan, BPOM juga melakukan pengawasan dan pengawalan pada semua vaksin yang akan diimpor atau diproduksi di dalam negeri.

"Kemudian juga ada vaksin yang kemudian diimpor oleh Indonesia, tentunya untuk diimpor berarti harus sudah izin pakaiya, ya masih belum izin edar. Kecuali suatu saat data lengkap uji klinim lengkap, maka bisa izin edar," jelas Penny.

Lanjut Penny, jika nanti ada vaksin Covid-19 selain Sinovac yang diproduksi di Indonesia, industri farmasi Indonesia sangat terbuka menerima.

"Selain Bio Farma industri farmasi BUMN, sebenarnya kapastitas industri farmasi vaksin untuk produksi atau impor untuk vaksin manusia itu cukup ada. Pandemi ini membuka peluang industri farmsi berkembang tidak hanya BUMN," tuturnya. (Rina Ayu)

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. TribunSolo.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: BPOM RI : Pfizer dan Sputnik Berencana Uji Klinik di Indonesia

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved