Breaking News:

Kamar Isolasi Covid-19 di Banyumas Tetiba Penuh, Bukan Karena Ledakan Kasus, Ternyata Disebabkan Ini

"Kamarin saya dapat info kamar penuh, banyak pasien mengantre di IGD,"

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
ILUSTRASI : Tenaga medis melakukan simulasi alur masuk pasien Covid-19 di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/3/2020). 

TRIBUNSOLO.COM - Kamar isolasi bagi pasien terinfeksi Covid-19 di rumah sakit rujukan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, penuh.

"Kamarin saya dapat info kamar penuh, banyak pasien mengantre di IGD," ungkap Bupati Banyumas Achmad Husein Husein di Pendapa Sipanji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu (21/11/2020).

Untuk itu, hari ini pihaknya mengumpulkan seluruh direktur rumah sakit, baik milik pemerintah maupun swasta, untuk menambah ruang isolasi.

"Saya kumpulkan rumah sakit, tambah 50 kamar. Kenapa kamar sampai habis? Ternyata banyak pasien yang sudah sehat, tapi hasil swab-nya masih positif terus," kata Husein.

Baca juga: Meski Ledakan Corona di Wonogiri, 80 Persen Orang Tua Ingin Simulasi Belajar Tatap Muka Digelar Lagi

Berdasarkan aturan Kementerian Kesehatan, kata Husein, pasien Covid-19 yang telah dirawat di lebih dari 10 hari dan kodisinya membaik, diarahkan untuk isolasi mandiri di rumah.

"Saya ambil inisiatif, kumpulkan, saya masukkan ke tempat karantina Balai Diklat, Pondok Slamet atau Wisma Wijayakusuma atau ke hotel," ujar Husein.

Baca juga: Corona Sragen: 17 Orang Dinyatakan Sembuh dari Covid-19, Satu Orang Meninggal Dunia

Berdasarkan pemetaan rumah sakit, ada sekitar 60 pasien yang akan dipindah ke tempat karantina, karena kondisinya telah membaik, namun tes swab masih menunjukkan hasil positif.

"Jadi dengan penambahan 50 kamar dan 60 orang yang akan dipindah ke tempat karantina, total ada 110 kamar yang siap, aman," ujar Husein.

Husein mengatakan, rumah sakit hanya diperuntukkan bagi pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat.

Baca juga: Pejabat Bappeda Klaten Meninggal karena Corona: Kantor Disemprot Disinfektan, Pegawai Diminta WFH

Kebijakan tersebut diambil karena penambahan pasien Covid-19 pada bulan November saja mencapai 430 orang. Jumlah tersebut diprediksi akan meningkat pada bulan Desember mendatang.

Penulis : Kontributor Banyumas, Fadlan Mukhtar Zain
Editor : Dony Aprian

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kamar Isolasi Covid-19 di Banyumas Penuh, Banyak Pasien Mengantre di IGD", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2020/11/21/16320781/kamar-isolasi-covid-19-di-banyumas-penuh-banyak-pasien-mengantre-di-igd.

Editor: Ilham Oktafian
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved