Breaking News:

Heboh Fenomena Alam Pusaran Awan Putih Mirip Tornado di Bogor, BMKG Ungkap Bahayanya

Angin puting beliung ini, kata dia, prosesnya sama dengan Tornado, Hurricane, Typhoon dan yang membedakannya adalah skala kerusakannya.

Istimewa
Penampakan pusaran awan putih mirip tornado yang turun perlahan dari langit gegerkan warga Bogor, Rabu (16/12/2020). Warga pun diimbau menjauh dari pusaran itu. 

TRIBUNSOLO.COM -  Warga dihebohkan dengan fenomena alam pusaran awan putih mirip tornado di langit Bogor pada Rabu (16/12/2020).

BMKG pun mrngimbau warga pun menjauh dari pusaran tersebut.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko Asep Firman menjelaskan bahwa fenomena tersebut merupakan puting beliung.

Baca juga: Hotman Paris Ungkap Sejumlah Alasannya Tak Mau Jadi Pengacara Habib Rizieq

Baca juga: Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini, Kamis 17 Desember 2020: Gemini Kurangi Egomu

"Fenomena ini disebut puting beliung di Indonesia. Tornado dan Hurricane merujuk pada skala pusaran angin yang lebih besar."

"Tornado atau Hurricane biasanya terjadi di Amerika Serikat atau wilayah lain di lintang menengah," kata Asep Firman saat dikonfirmasi TribunnewsBogor.com, Rabu (16/12/2020).

Angin puting beliung ini, kata dia, prosesnya sama dengan Tornado, Hurricane, Typhoon dan yang membedakannya adalah skala kerusakannya.

Fenomena ini diakibatkan oleh pertemuan dua masa udara yakni antara masa udara hangat yang bergerak naik ke atas dan masa udara dingin bergerak ke bawah memggantikan ruang yang ditinggalkan masa udara hangat.

Lintasan kedua masa udara ini berbentuk spiral menandakan pergerakan udara tidak vertikal tegak lurus, melainkan membentuk lintasan spiral.

"Dampak dari pusaran angin ini adalah dapat menerbangkan benda-benda di permukaan seperti atap rumah, daun dan ranting pohon, baliho dan lain-lain dan dapat mencabut pohon yang akarnya rapuh."

"Diimbau kepada masyarakat untuk menjauh dari pusaran angin tersebut untuk menghindari jatuhan benda-benda yang diterbangkan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul Penjelasan BMKG Soal Hebohnya Pusaran Awan Mirip Tornado di Bogor, Warga Diminta Menjauh

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved