Breaking News:

Cara Mendapat Swab Antigen dan Rincian Biayanya di Sejumlah Klinik Kesehatan

Rapid test antigen untuk virus corona dilakukan dengan mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan melalui proses swab alias usap.

Editor: Hanang Yuwono
Surya/Ahmad Zaimul Haq
ILUSTRASI : Pemkot Surabaya menggelar swab test (tes usap) di Pasar Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (30/11/2020). Berikut ini penjelasan mengenai rapid test antigen yang wajib dilakukan penumpang angkutan umum. Rapid test antibodi dan rapid test antigen memiliki alur pemeriksaan yang sedikit berbeda. 

TRIBUNSOLO.COM -- Masyarakat menganggap biaya tes corona atau Covid-19 yakni swab test dengan  Polymerase Chain Reaction atau PCR saat ini cukup mahal.

Berdasarkan aturan Kementerian Kesehatan, batas atas biaya test corona atau covid-19 dengan test PCR maksimal Rp 900 ribu.

Meski sudah jauh lebih murah dibanding saat muncul perdana,  biaya tes PCR  Rp 900 ribu atas paparan corona atau Covid-19 bagi kebanyakan masyarakat masih terbilang mahal, apalagi jika dilakukan secara mandiri.

Baca juga: Masyarakat yang Memaksakan Bepergian pada Libur Akhir Tahun Harus Siap Berisiko Terpapar Covid-19

Baca juga: Kasus Aktif Covid-19 Mayoritas Kabupaten/Kota di Indonesia Ada di Bawah 100

Padahal, test PCR adalah jenis test virus corona atau Covid-19 yang direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) karena tingkat akurasinya yang tinggi.

Masih mahalnya biaya test PCR paparan corona atau Covid-19,  banyak pihak yang memilih swab antigen.

Selain lebih akurat dari rapid test, biaya test rapid antigen ini untuk mendeteksi paparan virus corona juga lebih murah dibanding test PCR.

Test deteksi virus termasuk virus corona dengan rapid antigen adalah pemeriksaan antigen. Antigen adalah zat atau benda asing, seperti racun, kuman, atau virus yang masuk ke tubuh. 

Mayoritas antigen yang masuk ke tubuh berbahaya. Saat antigen masuk tubuh, akan memicu tubuh menciptakan sistem imunitas yang berfungsi membentuk zat kekebalan tubuh (antibodi) untuk berhadapan dengan antigen. 

Reaksi ini sebagai bentuk pertahanan alami tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit.

Virus corona yang masuk ke dalam tubuh akan terdeteksi sebagai antigen oleh sistem imunitas. Nah, antigen ini dapat dideteksi melalui pemeriksaan rapid test antigen.

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved