Breaking News:

Info Kecantikan

Kebiasaan Penyebab Ketombe Parah yang Harus Diwaspadai: Jarang Keramas

Ketombe bisa muncul akibat beberapa faktor seperti stres, makanan yang tidak sehat, hingga jarang keramas.

net
Ilustrasi ketombe 

TRIBUNSOLO.COM - Ketombe adalah salah satu masalah kulit kepala yang sangat meresahkan. Pasalnya, bisa mengganggu penampilan seseorang hingga membuat rasa mengurangi rasa percaya diri.

Apa sih penyebab ketombe muncul?

Sebelum membahasnya, mari mengenal lebih dalam apa itu ketombe. Ketombe merupakan sel kulit mati yang ada di kepala yang mengelupas dalam bentuk serpihan putih.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Pemicu Ketombe yang Perlu Diketahui: Sering Gonta-Ganti Sampo

Baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Dijamin Praktis dan Mudah Dicoba

Setiap orang pasti pernah mengalami ketombe namun tidak semua orang mengalami ketombe parah atau serius. Saat seperti ini, beberapa orang malah salah dalam melakukan tindakan misalnya sering keramas atau mencuci rambut.

Ilustrasi ketombe
Ilustrasi ketombe (net)

Padahal langkah yang Anda ambil bisa saja tidak tetap dan malah memicu munculnya ketombe baru dan membuatnya semakin parah.

Merangkum dari Brightside, berikut penyebab ketombe yang perlu diperhatikan.

  • Stres

Stres adalah salah satu penyebab ketombe yang harus diperhatikan. Pasalnya saat stres sistem kekebalan tubuh harus sangat berkorban. Ini dapat mendorong pertumbuhan minyak dan jamur.

Jika Anda mengalami ketombe yang bisa dibilang wajar, cukup tenang. Jika ketombe yang muncul tidak wajar atau sangat parah bisa jadi jamur malassezia tumbuh.

Nah, sebaiknya segera atasi dengan mencoba menjernihkan pikiran dengan melakukan yoga atau paling tidak mandi dengan air hangat karena bisa membuat Anda rileks.

  • Gula

Makan terlalu banyak gula dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan menciptakan ketidakseimbangan hormon yang ada dalam tubuh.

Halaman
123
Penulis: Reza Dwi Wijayanti
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved