Breaking News:

Meski Murah, Ini Hal yang Harus Diperhatikan saat Beli Bus Bekas di Balai Lelang

Salah satu cara untuk memiliki bus adalah dengan mengikuti balai lelang. Misalnya seperti yang diunggah oleh akun Instagram Bang Koboi, sebuah bus med

Kompas.com
ilustasi bus 

TRIBUNSOLO.COM - Salah satu cara untuk memiliki bus adalah dengan mengikuti balai lelang. Misalnya seperti yang diunggah oleh akun Instagram Bang Koboi, sebuah bus medium dengan sasis Mitsubishi FE84 dilelang mulai dari Rp 90 juta.

Memang dengan harga di bawah Rp 100 juta sudah mendapatkan bus yang lengkap beserta isinya. Namun selain harganya yang cukup terjangkau, ada beberapa kekurangan dari membeli bus bekas dari balai lelang.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, kelebihan dari bus lelang sudah pasti murah, sedangkan kekurangannya, pembeli harus lebih jeli dalam memilih unit yang ingin dibeli.

 “Selain itu dapatnya juga bus bekas, tahun lama dan kilometernya sudah banyak. Kalau mau cari bisa membeli dengan usia sasis yang masih baru, agar bisa dipakai lama,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Rabu (6/1/2021).

Baca juga: Vespa Selebar Jalan Viral di Medsos, Pengamat Otomotif Sebut Modifikasi Harus Sesuai Aturan

Baca juga: Modal Rp50 Jutaan, Bisa Bawa Pulang BMW atau AUDI Seken, Ini Daftarnya

Baca juga: Modal Rp 70 Jutaan Bisa Bawa Pulang Kijang Innova Seken, Ini Daftar Harga MPV Seken Dibawah 80 Juta

Baca juga: Modal Rp 100 Jutaan Bisa dapat Toyota Alphard Seken, Begini Caranya

Mengingat untuk bus pariwisata, usia pakai sasis hanya 15 tahun. Sedangkan untuk antar kota antar provinsi (AKAP) atau dalam provinsi (AKDP), usia pakai sasis bus maksimal hanya 25 tahun.

Dengan harga murah tadi, pembeli sebenarnya bisa membawanya ke karoseri kecil untuk disegarkan tampilannya. Misalnya mengubah bagian depan dan belakang serta kabin agar tampilannya lebih modern sehingga menarik minat penumpang.

“Sebenarnya bisa saja dibawa ke karoseri besar, namun kurang sepadan, bisa-bisa lebih mahal bodinya daripada harga bus bekasnya,” kata Dimas.

ilustrasi bus
ilustrasi bus (TRIBUNJOGJA.COM)

Untuk bodinya saja, bus medium bisa dihargai Rp 350 juta. Dengan harga tersebut, belum termasuk dari sistem AC dan kursi penumpang yang ada di kabinnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Plus Minus Beli Bus dari Balai Lelang"

Penulis : Muhammad Fathan Radityasani
Editor : Agung Kurniawan

Editor: Agil Tri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved