Breaking News:

Cara Pasang Sambungan Sementara Listrik PLN, Kini Tak Khawatir Listrik Mati saat Acara Pernikahan

Beberapa dari Anda mungkin ingin melakukan penyambungan sementara untuk kebutuhan daya listrik yang besar.

TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA
ILUSTRASI Meteran Listrik PLN 

TRIBUNSOLO.COM - Beberapa dari Anda mungkin ingin melakukan penyambungan sementara untuk kebutuhan daya listrik yang besar.

Sambungan sementara sendiri adalah pemasangan daya listrik dalam waktu sementara waktu atau temporal untuk kegiatan tertentu yang membutuhkan daya listrik lebih besar, misalnya untuk acara pesta, baik pesta ulang tahun, pernikahan, atau kegiatan-kegiatan lainnya yang memerlukan daya listrik berkapasitas tinggi.

Baca juga: Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Secara Online, Penuhi Syarat Berikut Ini

Pada praktiknya, sambungan sementara memiliki jangka waktu. Sistem penyambungannya hanya dalam waktu tertentu saja, tidak berkelanjutan.

Dilansir dari Indonsia.go.id kini pelanggan PLN bisa mengajukan permohonan sambungan sementara, baik secara online maupun datang langsung ke kantor PLN terdekat.

Cara Pasang Sambungan Sementara Listrik secara Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini PLN pun memberikan layanan secara online bagi pelanggan. Selain untuk sambungan baru dan tambah daya, ada juga layanan online untuk penyambungan sementara. Berikut ini adalah cara-caranya:

  1. Kunjungi situsi www.pln.co.id
  2. Klik bagian Penyambungan Sementara di bagian muka yang tertulis Manfaatkan Layanan Online Kami
  3. Isi formulir permohonan sambungan sementara, mulai dari ID pelanggan, nama, alamat, daya yang dibutuhkan, tanggal mulai, tanggal selesai, hingga masukkan kode chapta.
  4. Setelah mengisi semua informasi dan memproses permohonan, pelanggan akan mendapatkan email konfirmasi yang di dalamnya berisi kode konfirmasi
  5. Masukkan kode konfirmasi tersebut ke laman website PLN Online
  6. Jika kode konfirmasi dianggap valid, permohonan dinyatakan diterima
  7. Selanjutnya, pelanggan akan menerima email yang berisi Surat Izin Penyambungan (SIP) yang berisikan Nomor Agenda dan Nomor Registrasi untuk melakukan pembayaran
  8. Melalui nomor registrasi tersebut, pelanggan melakukan pembayaran di ATM terdekat/bank/loket PLN
  9. Jika pembayaran berhasil diproses, pelanggan nantinya akan harus menandatangani Surat Jual Beli Tenaga Listrik (SJBTL)
  10. Selanjutnya, petugas akan memasang meteran listrik setelah menerima PK dan BA
  11. Petugas akan mengolah data langganan yang menyatakan bahwa pemasangan telah selesai dilakukan.

    Baca juga: Cara Mengurus ISBN untuk Penerbit Baru, Simak Tahapan dan Syarat yang Dipenuhi

Terkait biaya, juga ada perhitungan dari situs PLN tersebut, yakni pada kolom isian perhitungan biaya dan hasil pemakaian dan biaya.

Daftar isian formulir bisa Anda cek atau lihat pada tautan berikut ini: https://www.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/sambungan-sementara

Selain itu, di situs tersebut, juga ada Simulasi Penyambungan Sementara dengan mengisi peruntukan, jumlah daya, lama haro, bulan pemakaian, pilih simulasi input kWh atau input jam nyala, lalu klik hitung biaya.

Mengenai simulasi, Anda bisa mengeceknya via tautan berikut ini: https://www.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/simulasi-tagihan/simulasi-penyambungan-sementara

Halaman
12
Editor: Naufal Hanif Putra Aji
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved