Breaking News:

Virus Corona

Waspada Bila Ada Bercak di Lidah, Bisa Jadi Itu Gejala Covid-19, Kenali Ciri-cirinya

Profesor terkemuka Inggris baru-baru ini menyoroti gejala lain dari Covid-19, yang berdampak pada kesehatan mulut.

TribunSolo.com/Adi Surya
ILUSTRASI : Warga tengah menjalani swab test untuk memastikan terpapar Corona atau tidak di halaman Balai Kota Solo, Sabtu (18/7/2020). 

TRIBUNSOLO.COM -- Gejala Covid-19 ada bermacam-macam, yang terbaru adalah ditemukannya bercak di lidah.

Profesor terkemuka Inggris baru-baru ini menyoroti gejala lain dari Covid-19, yang berdampak pada kesehatan mulut.

Profesor Tim Spector, seorang ahli epidemiologi genetik di King’s College London, mengunggah sebuah foto di akun Twitternya, foto lidah seseorang yang terinfeksi Covid-19 dipenuhi bercak putih yang tidak biasa.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika OTG Terlanjur Disuntik Vaksin Covid-19? Ini Penjelasan Jubir Kemenkes

Baca juga: Meski Ada Vaksinasi Covid-19, TSTJ Solo Nilai Wisatawan Bisa Normal Lagi di Tahun 2023

Professor menyebutnya "lidah Covid."

Sebagai catatan Spector, "lidah Covid" tidak terdaftar dalam daftar gejala Covid-19 resmi yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE).

Juga tidak disebutkan sebagai gejala oral pada gejala utama yang terdaftar oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) atau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun demikian, dia berpendapat gejala itu berpotensi menjadi tanda kunci bahwa Anda terkena infeksi dan perlu tinggal di rumah untuk mengisolasi diri.

"Satu dari lima orang dengan Covid-19 mengalami gejala yang kurang umum, yang tidak masuk dalam daftar resmi PHE (Badan Kesehatan Masyarakat Inggris) - seperti ruam kulit," kata Profesor Spector.

“Melihat peningkatan jumlah lidah Covid-19 dan sariawan yang aneh. Jika Anda memiliki gejala yang aneh atau bahkan hanya sakit kepala dan kelelahan, sebaiknya tetaplah di rumah!”

Profesor Spector memimpin aplikasi ZOE COVID Symptom Study, yang memungkinkan orang untuk mendaftar dan melaporkan sendiri gejala Covid-19 mereka, jika mereka terinfeksi.

Halaman
12
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved