Breaking News:

Penanganan Covid

Komentar Satgas Covid-19 soal GeNose: Standar Emas Diagnosa Corona Tetap Swab PCR

GeNose merupakan alat pendeteksi Covid-19 melalui hembusan napas buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) lewat metode screening atau penapisan.

Editor: Hanang Yuwono
KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA
GeNose pendeteksi Covid-19 karya ahli UGM siap dipasarkan setelah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan. (Foto Dokumentasi Humas UGM) 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memberikan penjelasan seputar alat pendeteksi Covid-19, GeNose yang belakangan viral/

GeNose merupakan alat pendeteksi Covid-19 melalui hembusan napas buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) lewat metode screening atau penapisan.

Pernyataan Wiku tersebut merespon penggunaan Genose sebagai alat screening untuk syarat  perjalanan menggunakan kereta api jarak jauh per 26 Januari hingga 8 Februari.

Baca juga: Keluarga Bongkar Makam Pasien yang Dikubur dengan Protokol Covid-19, Ternyata Ini Alasannya

Baca juga: Ini Solusi IDI untuk Tenaga Kesehatan yang Kesulitan Mendaftar Vaksinasi Covid-19

"Jadi kalau pun sekarang GeNose digunakan, itu juga dalam rangka kita mencari alat screning yang lebih mudah untuk dilaksanakan," kata Wiku di Istana Kepresidenan,  Jakarta,  Rabu, (27/1/2021).

Wiku menjelaskan fungsi dari alat tes Covid-19 ada dua.

Pertama yakni untuk mendiagnosa virus dan yang kedua untuk penapisan (screening). 

Standar yang digunakan untuk mendiagnosa Covid-19 adalah swab PCR. 

"Diagnostik untuk menentukan orang ini sakit atau tidak. Standar emasnya menggunakan Swab PCR," kata Wiku.

Sementara itu untuk penapisan, tes yang digunakan mulai dari rapid tes antibodi, rapid tes antigen, dan Genose dengan hembusan nafas.

Wiku mengatakan penelitian terus dilakukan oleh setiap negara untuk mendapatkan alat screening yang akurasinya tinggi dan harganya rendah. 

"Dari waktu ke waktu dunia belajar harus mendapatkan alat screening yang akurasinya makin tinggi dan harganya juga makin rendah dan mudah dilakukan. Itu adalah prinsipnya," pungkasnya.

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. TribunSolo.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Penanganan Covid Genose sebagai Alat Deteksi Covid-19, Wiku Adisasmito Beri Penjelasan

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved