Breaking News:

Berita Sukoharjo Terbaru

Genjot Pasar Tradisional Masuk e-Commerce, Dinas Perdagangan Sukoharjo Luncurkan Pasar.Id

Pasar tradisional di Kabupaten Sukoharjo digenjot untuk bisa masuk dalam e-commerce.

TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI
Ilustrasi : Pasar Ir Soekarno Sukoharjo,┬áSelasa (10/3/2020). 

Laparan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Pasar tradisional di Kabupaten Sukoharjo digenjot untuk bisa masuk dalam e-commerce.

Terlebih, dengan e-commerce dapat mengurangi tatap muka antara penjual dengan pembeli. Karena transaksi jual-beli dilakukan melalui online

Dinas Perdagangan Koperasi (Disdagkop) UKM Sukoharjo meluncurkan sistem transaksi jual-beli online yang disebut web pasar, dengan menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Kepala Disdagkop UKM Sukoharjo Sutarmo mengatakan, untuk Kabupaten Sukoharjo perintisan nya sudah akhir tahun 2020 lalu. 

Namun setelah melalui proses edukasi, para pedagang pasar tradisional dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dikenalkan untuk terbiasa melakukan transaksi secara online menggunakan link dalam web yang bernama pasar.id.

Revitalisasi Pasar Kartasura Baru Bisa Dilakukan Tahun 2023, Pemkab Sukoharjo Terkendala Kontrak

Kisah Perjuangan Toko Kopi Podjok Solo : Jual Pakai Gerobak, Bikin di Pasar Gede, Tak Punya Online

"Para pedagang ini jangan hanya manual saja, karena ini memakai aplikasi sehingga perlu mindset yang berubah," katanya, Jumat (12/2/2021).

Menurut Sutarmo, transaksi secara online ini dinilai sangat tepat. Mengingat saat ini Indonesia khususnya Sukoharjo masih dihantam virus Corona. 

Melalui link pasar.id itu, para pedagang selain bisa transaksi mereka juga bisa melakukan promosi barang-barang yang dijualnya. Sehingga para pedagang tetap bisa produktif di masa Pandemi Covid-19.

"Sesungguhnya ini sangat tepat sekali di situasi pandemi seperti ini karena untuk alternatif sehingga para pedagang tetap melakukan penjualan melalui web ini secara daring," terangnya.

Halaman
123
Penulis: Agil Tri
Editor: Adi Surya Samodra
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved