Breaking News:

Berita Sukoharjo Terbaru

Dipameri Inovasi Teknologi UNS, Menteri Muhadjir Dorong Produksi Masal : Izin Edar Saya Bantu

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Efendi siap membantu pengurusuan izin edar teknologi inovasi UNS.

TribunSolo.com / Agil Tri
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi Rumah Sakit UNS di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, Jumat (19/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Efendi menyambangi salah satu rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 di Sukoharjo, RS UNS, Jumat (19/2/2021).

Dalam kunjungannya itu, Muhadjir Efendi melakukan pemeriksaan rapid test antigen, dan melihat sejumlah inovasi kesehatan karya mahasiswa UNS. 

Didampingi Direktur RS UNS, Hartono, Menko PMK meninjau program unggulan riset dan inovasi tata kelola pasien Covid-19. 

Program riset dan inovasi ini diantaranya alat pelindung diri (APD) anti virus suns proque, ventilator ambugag, ventilator ICU, terapi plasma pheresis, dan High Flow nasal cannula. 

"Adanya pandemi virus corona berdampak pada perkembangan dan penemuan baru di bidang medis terkait dengan penanganan virus corona," kata Menko PMK usai meninjau.

Baca juga: Jajal Kursi Roda Elektrik UNS, Menteri Muhadjir : Bisa Diproduksi Massal, Tapi Aki Jangan yang Mahal

Baca juga: Target Doni Monardo: Perayaan 17 Agustus 2021 Indonesia Bisa Bebas Covid-19

Terkait dengan izin produksi masal kursi roda elektronik dan izin edarnya, Menko PMK memastikan akan berjalan mudah. Bahkan ia akan segera merekomendasi.

Selain itu salah satu inovasi yang dapat dikembangkan dalam penanganan pandemi Covid-19, yakni terapi plasma pheresis yang saat ini tengah dirintis oleh RS UNS. 

Menurutnya, terapi plasma tersebut berbeda dengan terapi plasma konvalesen yang saat ini banyak digunakan di Indonesia. Hanya saja, terapi plasma pheresis tersebut butuh uji klinis lebih lanjut.

Menko PMK mengakui jika terapi plasma yang dikembangkan RS UNS tersebut baru pertama di Indonesia. 

Halaman
1234
Penulis: Agil Tri
Editor: Adi Surya Samodra
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved