Breaking News:

Dua Bangunan SMK Negeri 1 Sungai Raya Kalbar Hangus, Api Diduga dari Kebakaran Hutan dan Lahan

Dua bangunan milik SMK Negeri 1 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat ( Kalbar) terbakar. Kejadian ini terjadi pada Sabtu (27/2/2021).

kompas.com
Sebanyak 2 bangunan di SMK Negeri 1 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) terbakar, Sabtu (27/2/2021). Diduga api berasal dari kebakatan hutan dan lahan (karhutla) yang berada tidak jauh dari lokasi sekolah.(istimewa) 

TRIBUNSOLO.COM - Dua bangunan milik SMK Negeri 1 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat ( Kalbar) terbakar. 

Kejadian ini terjadi pada Sabtu (27/2/2021).

Api diduga berasal dari kebakatan hutan dan lahan ( karhutla) yang berada tidak jauh dari lokasi sekolah.

Baca juga: Ini Identitas Pria yang Tewas saat Kebakaran di Kartasura, Warga Boyolali, Hendak Lamar Kekasihnya

Baca juga: Libur Natal, 2 Peristiwa Kebakaran Terjadi di Kartasura Sukoharjo, Rengut 3 Nyawa

"Ada 1 ruang kelas dan 1 ruang perpustakaan yang terbakar. Kejadian sekitar pukul 13.30 WIB," kata Kepala SMK Negeri 1 Sungai Raya Anis Sarifudin Adi saat dihubungi, Minggu (28/2/2021).

Menurut Anis, peristiwa itu berlangsung sangat cepat. Sekitar pukul 11.00 WIB, api yang membakar lahan terpantau cukup jauh. Bahkan dia sempat memperkirakan karhutla tidak akan menjangkau bangunan sekolah.

Namun, Anis dan sejumlah pegawai sekolah tetap melakukan penjagaan.

"Pada pukul 13.00 WIB, angin kencang sehingga api cepat menyebar. Dari yang awalnya api berada di belakang bangunan tiba-tiba api sudah ada di bagian samping dan membakar gedung," ujar Anis.

Kebakaran gedung sekolah tersebut semakin sulit dikendalikan karena asap sangat pekat. Jika dipaksakan, lanjut Anis, maka mereka akan lemas.

“Sejak kemarin kami memang sudah berjaga. Tapi karena angin cukup kuat, apa yang kami lakukan pun tidak bisa menghalau api. Kalau dipaksakan, kita akan pingsan karena asap dan panas," ujar Anis.

Sementara itu, Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana mengatakan, pihaknya masih menyelidiki peristiwa kebakaran tersebut.

"Nantinya apakah akan ada tindak pidanya atau tidak masih menunggu hasil penyelidikan," ujar Yani.

Saat ini, lanjut Yani, tim gabungan TNI, Polri, Manggala Agni dan pemadam kebakaran swasta masih terus melakukan penyiraman di sekitar lokasi kejadian.

"Semua pihak tengah fokus melakukan pendinginan di sekeliling lokasi dan bahkan akan membuat sekat parit," ujar Yani.

Sebagaimana diketahui, SMK Negeri 1 Sungai Raya merupakan sekolah kejuruan dengan kompetensi bidang agribisnis pengelolaan hasil pertanian, agribisnis perikanan air tawar, multimedia, desain permodelan dan informasi bangunan serta bisnis konstruksi dan properti. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Rembetan Api Karhutla Hanguskan 2 Bangunan SMK Negeri 1 Sungai Raya Kalbar

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved