Breaking News:

Penanganan Covid

Doni Monardo Beberkan Fakta Covid-19 Indonesia, Mayoritas Pasien Meninggal karena Penyakit Penyerta

Dono Monardo mengatakan, dalam satu tahun terakhir, mayoritas kasus kematian akibat Covid-19 berasal dari kelompok usia di atas 47 tahun.

istimewa/Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo (pakai rompi) dalam acara Media Bertanya, Doni Monardo Menjawab” di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Jumat (9/10) sore 

TRIBUNSOLO.COM -- Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Doni Monardo, membeberkan fakta mengenai kasus Covid-19 di Indonesia.

Dono Monardo mengatakan, dalam satu tahun terakhir, mayoritas kasus kematian akibat Covid-19 berasal dari kelompok usia di atas 47 tahun dengan penyakit komorbid atau penyerta.

Baca juga: Penyintas Covid-19 Baru Bisa Divaksinasi Setelah Sembuh 3 Bulan, Dokter Beberkan Alasannya

Baca juga: Tiga Anggota Fraksi PDIP Positif Covid-19 Hadiri Pelantikan, Kini Bagaimana Kondisi Gibran-Teguh?

"Terdapat 5 persen mereka yang wafat ini adalah kelompok usia di atas 47 tahun, dengan komorbid, dan resiko yang lebih tinggi lagi mereka yang memiliki komorbid lebih dari satu," kata Doni dalam acara "Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi, Selasa (2/3/2021).

Doni juga mengatakan, 92 persen angka kematian akibat Covid-19 di Jawa Timur berasal dari pasien yang memiliki penyakit komorbid terutama diabetes.

"Para periset dapat menggali data lebih dalam dari Satgas untuk bisa membantu berupaya agar angka kematian kita tidak semakin bertambah," ujarnya.

Lebih lanjut, Doni mengatakan, total jumlah pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 36.325 kasus.

Namun, menurut Doni, angka mortalitas di Indonesia lebih baik daripada di negara-negara lain di dunia.

"Walaupun kalau kita bandingkan dengan salah satu negara di dunia, di mana angka kematiannya mencapai angka tertinggi yaitu 527 ribu jiwa, padahal negara tersebut memiliki semua kemampuan kekuatan sumber daya anggaran yang besar, tapi nyatanya angka kematian mencapai 20-25 persen dari angka kematian global," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Doni Monardo: Mayoritas Kasus Kematian Covid-19 Berasal dari Penderita Komorbid

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved