Breaking News:

Tega, Kades di Musirawas Korupsi Dana Bansos Covid-19 untuk Foya-foya & Judi, Terancam Hukuman Mati

Kepala Desa Sukowarna bernama Askari itu diketahui menggunakan dana bantuan sosial (bansos) Covid-19 untuk berfoya-foya dan bermain judi.

Ilustrasi uang 

TRIBUNSOLO.COM -- Di tengah pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang hidup kesusahan, aksi kejam malah dilakukan seorang kepala desa (kades) di Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Musirawas.

Kini ia terancam hukuman mati.

Kepala Desa Sukowarna bernama Askari itu diketahui menggunakan dana bantuan sosial (bansos) Covid-19 untuk berfoya-foya dan bermain judi.

Baca juga: Nasib Mujur Pria Klaten Usai Kirim Ikan Cupang Rp 500 Ribu ke Susi Pudjiastuti, Kini Dagangan Laris

Baca juga: Ratusan Warga Karanganyar Rela Lepas dari Bansos PKH, Diharapkan Bisa Mandiri Menjalani Hari-hari

Ia terlibat korupsi dana bansos Covid-19 sebesar Rp 187,2 juta.

Terdakwa Askari menjalani sidang perdana kasus ini secara virtual di Pengadilan Tipikor Palembang dengan majelis hakim yang diketuai Sahlan Effendi, Senin (1/3/2021) lalu.

Ia didakwa melanggar ketentuan pasal primer yakni pasal 2 Ayat (1) atau pasal subsider pasal 3 dan lebih subsider pasal 8 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

"Sidang tersebut memang digelar di Pengadilan Tipikor Palembang."

"Dan bila dilihat dari pasal yang didakwakan, ada pasal 2 yang memang betul ancaman hukuman maksimalnya 20 tahun atau pidana mati," ujar Abu Hanifah, Humas Pengadilan Negeri Palembang saat dikonfirmasi, Rabu (3/3/2021).

Meski begitu, Abu menjelaskan bahwa penetapan hukuman bagi setiap terdakwa akan dijatuhkan sesuai dengan fakta persidangan.

"Jadi penetapan hukumannya tergantung dengan pembuktian kesalahan terdakwa itu dalam proses persidangan yang dia jalani dan selanjutnya akan dipertimbangkan oleh majelis hakim," jelasnya.

Halaman
12
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved