Breaking News:

Berita Solo Terbaru

Jumenengan ke-17 PB XIII, Keraton Kasunanan Dijaga Ketat Aparat Gabungan TNI-Polri

Tingalan Jumenengan Dalem sendiri merupakan serangkaian upacara yang digelar berkaitan dengan peringatan atau ulang tahun kenaikan tahta raja.

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM/AZFAR MUHAMMAD
Petugas saat berjaga di area Keraton Kasunanan saat Jumenengan Tingalan Dalem, Selasa (9/2/2021) 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Azhfar Muhammad Robbani 

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menggelar Jumenengan Tingalan Dalem jumenengan atau peringatan naik tahta ke-17 bagi raja keraton, SISKS Pakubuwono (PB) XIII pada Selasa (9/3/2021). 

Tingalan Jumenengan Dalem sendiri merupakan serangkaian upacara yang digelar berkaitan dengan peringatan atau ulang tahun kenaikan tahta raja.

Dalam bahasa Jawa, kata 'Tingalan' berarti peringatan, kata 'Dalem' merujuk pada panggilan kehormatan untuk seorang raja Jawa dan kata 'Jumenengan' berasal dari kata 'Jumeneng' yang berarti bertahta. 

Dalam pantauan Tribunsolo.com, kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB tersebut sudah ramai dipadat oleh para tamu undangan yang hadir.

Baca juga: Tes Swab Antigen di Jumenengan ke-17 PB XIII, 1 Tamu Undangan Reaktif Covid-19, Langsung Dikarantina

Baca juga: Ini Pesan Tingalan Jumenengan Dalem ke-32 Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Tengah Pandemi Corona

Karangan bunga berjejeran memenuhi kawasan keraton, terlihat ucapan dan rangkaian  karangan bunga tersebut merupakan kiriman dari Menteri, berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pejabat, Kapolri dan Paguyuban.

Situasi keamaan sekitar kraton dijaga ketat oleh aparat gabungan kepolisian, TNI, koramil dan pengamanan sekitar.

Mobil-mobil mewah berplat kendaraan merah datang bergantian berdatangan memasuki area selasar keraton Solo. Terpantau para pejabat, kementrian yang datang mengunakan mobil alpard hitam mewah elegan.

Selain itu, kegiatan Jumenengan yang digelar di era pandemi covid-19 yang digelar hari ini.

Diperketat dengan pengindahan protokol kesehatan yang mewajibkan seluruh para tamu undangan untuk melakukan tes swab antigen, menjaga jarak antar tamu undangan yang akan memasuki krtaton dan menggunakan masker.(*)

Penulis: Azfar Muhammad
Editor: Eka Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved