Breaking News:

Penanganan Covid

Inilah 3 Mutasi Covid-19 yang Patut Diwaspadai Masyarakat Indonesia, Ada yang Kebal Antibodi

Tantangan terkait mutasi virus corona baru ini tidak hanya dirasakan oleh Indonesia, melainkan sudah dilaporkan di 70 negara

Editor: Hanang Yuwono
Foto Niaidrml
ILUSTRASI mutasi virus corona, lebih baru dari varian yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan, ditemukan di Jepang 2 Januari 2021. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA -- Saat ini ada tiga mutasi Covid-19 yang patut diwaspadai masyarakat Indonesia.

Hal itu diungkapkan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi.

Ia menuturkan, ada tiga mutasi virus Corona yang menjadi perhatian Indonesia serta dunia .

Baca juga: Hati-hati Pemilik Golongan Darah A Rentan Terkena Covid-19, Simak Penjelasan Ilmiahnya

Baca juga: Hati-hati Punya Penyakit Ini, Bila Terpapar Covid-19 Bisa Fatal, Risiko Kematian 13 Kali Lipat

Pertama adalah mutasi B117 asal Inggris, lalu B1351 atau 501Y.V2 merupakan varian baru Covid-19 dari Afrika, serta P1 atau 501Y.V3 adalah varian baru Covid-19 dari Brasil.

"Nanti ketiga ini yang sering kita lakukan pengamatan karena sebenarnya mutasi tadi kami sampaikan ya banyak sekali mutasi terjadi tapi tiga ini yang secara khusus memang harus sudah dilakukan dikatakan oleh WHO untuk kita lakukan terus-menerus," ucapnya dalam diskusi virtual bertajuk "Pemantauan Genomik Varian Baru SARS-Cov2 di Indonesia", Jumat (12/3/2021).

Ia mengatakan, tantangan terkait mutasi virus corona baru ini tidak hanya dirasakan oleh Indonesia.

Varian B117 itu sudah dilaporkan di 70 negara. Kemudian varian dari Afrika juga sudah dilaporkan lebih dari 20 negara serta varian P1 sebut sebagai Brazil sudah ditemukan lebih dari 30 negara.

"Tentunya yang harus kita lakukan adalah memperkuat surveilans seperti memperkuat pintu masuk ke Indonesia baik udara maupun laut," terang dia.

Ilustrasi Strain Baru Covid-19, Mutasi Virus Corona yang Pertama Kali Ditemukan di Inggris, Apa Gejalanya?
Ilustrasi Strain Baru Covid-19, Mutasi Virus Corona yang Pertama Kali Ditemukan di Inggris, Apa Gejalanya? (The Quint)

Nadia menuturkan, pemerintah telah mengeluarkan surat edaran Satgas yaitu tahun nomor 8 tahun 2020 terkait protokol perjalanan internasional, dimana setiap orang yang datang dari luar negeri itu harus dan wajib menerapkan alur protokol kesehatan.

"Surveillens di pintu-pintu masuk melalui udara atau bandara dan juga pintu masuk dari laut karena ini juga kita tahu bahwa banyak juga kapal-kapal dari luar negeri yang masuk dan yang harus dilakukan monitoring," ungkap perempuan berhijab ini.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved