Breaking News:

Dukung Pemanfaatan EBT, PLN Tandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik PLTMH

Kedua pembangkit tersebut direncanakan akan beroperasi secara resmi pada Oktober 2021 mendatang.

Editor: Eka Fitriani
istimewa
Penandatanganan jual beli PLTHM yang dilakukan General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta, M. Irwansyah Putra dengan Direktur Utama PT Tara Hydro Enegy dan PT Tara Tujuh Tujuh, Kahardianto Ongko di Kantor PLN UID Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta. 

TRIBUNSOLO.COM - PLN menandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) dengan PT Tara Hydro Enegy & PT Tara Tujuh Tujuh untuk pembelian tenaga listrik Pembangkit Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Gumiwang 1 dan Gumiwang 2 yang berlokasi di Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara.

Penandatanganan dilakukan oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta, M. Irwansyah Putra dengan Direktur Utama PT Tara Hydro Enegy dan PT Tara Tujuh Tujuh, Kahardianto Ongko pada Selasa, (16/3) bertempat di Kantor PLN UID Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta.

Baca juga: PLN Siap Optimalkan Pemanfaatan FABA, Dorong Kualitas Lingkungan yang Lebih Baik

Baca juga: Konsisten Kembangkan Energi Bersih, PLN Raih Renewable Energy Markets Asia Awards 2021

“Untuk PLTMH Gumiwang 1 dan 2 Yang akan kita inisiasi pada hari ini, memiliki daya masing-masing 1 x 0,2 MW, Ini merupakan komitmen PLN dalam mendukung dan mendorong pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan,” terang Irwansyah dalam sambutannya.

Kedua pembangkit tersebut direncanakan akan beroperasi secara resmi pada Oktober 2021 mendatang, nantinya akan menyokong kebutuhan listrik yang ramah lingkungan dan berkelanjutan di Kabupaten Banjarnegara.

Sementara itu Kahardianto menyampaikan terima kasihnya kepada PLN atas terlaksananya kesepakatan kerja sama ini.

“Alhamdulillah hari ini bisa melakukan PJBTL dengan PLN. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN atas kesempatannya. Saat ini proses pembangunan infrastruktur sudah selesai, tinggal menunggu pemasangan panel 20 kV dan sertifikasi, jika itu sudah selesai kami siap beroperasi,” ungkapnya.

Di Indonesia sendiri, PLTMH mempunyai Potensi yang melimpah. Potensi tenaga air tersebar hampir di seluruh Indonesia dan diperkirakan mencapai 75.000 MW, sementara pemanfaatanya baru sekitar 2,5% dari potensi yang ada.

Untuk Wilayah Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta sendiri terdapat lebih dari 98 titik potensi Sumber Energi untuk PLTMH, 36 diantaranya telah beroperasi dan 62 titik yang masih bisa digali potensinya.

“Semoga dengan langkah yang akan kita mulai hari ini, dapat menjadi hal yang baik bagi lingkungan ke depannya dan bersumbangsih dalam pemenuhan kebutuhan listrik Jawa Tengah pada umumnya dan Kabupaten Banjarnegara pada khususnya dengan menyediakan energi yang bersih dan ramah lingkungan,” tutup Irwansyah.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved