Breaking News:

Penanganan Covid

Instruksi Presiden Jokowi: Vaksin AstraZeneca Segera Didistribusikan, Sasar Jawa Timur

Jokowi memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin agar vaksinasi AstraZeneca segera menyasar Provinsi Jawa Timur dan provinsi lainnya.

Capture Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo 

TRIBUNSOLO.COM -- Presiden Joko Widodo menginstruksikan vaksin Covid-19 AstraZeneca segera didistribusikan kepada masyarakat luas.

Jokowi memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin agar vaksinasi AstraZeneca segera menyasar Provinsi Jawa Timur dan provinsi lainnya.

Baca juga: Masyarakat Jangan Khawatir, AstraZeneca Pastikan Vaksin Covid-19 Buatannya Tak Mengandung Babi

Baca juga: Update Vaksinasi Covid-19 di Solo : 6 Ribu Pegawai Pemkot Solo Telah Terima Vaksinasi Tahap Dua 

“Tadi saya sudah memerintahkan kepada Menkes untuk segera mendistribusikan vaksin AstraZeneca ke Jawa Timur dan ke provinsi-provinsi lain,” kata Presiden Jokowi di Pendopo Delta Wibawa, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (22/3/2021).

Presiden Jokowi sebelumnya menuturkan telah melakukan pertemuan dengan MUI dan para kyai  di Jawa Timur. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengaku membahas penggunaan vaksin AstraZeneca dengan MUI dan Kiai di Jawa Timur.

“Saya sudah bertemu dengan MUI Jawa Timur, sudah bertemu juga dengan para kyai  di Provinsi Jatim, mengenai vaksin Astrazeneca, beliau-beliau menyampaikan bahwa Jatim siap diberi vaksin AstraZeneca dan segera akan digunakan di pondok pesantren-pondok pesantren yang ada di Jatim,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meninjau vaksinasi massal yang diberikan secara gratis kepada masyarakat dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Timur.

Jokowi mengaku ingin memastikan bahwa masyarakat betul-betul mengikuti program vaksinasi.

“Pagi hari ini saya berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo untuk melihat proses vaksinasi. Saya ingin memastikan bahwa antusiasme dari masyarakat besar dalam mengikuti program vaksinasi ini,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden turut menyaksikan pemberian dosis vaksin AstraZeneca kepada Ketua Majelis Ulama Jawa Timur KH Hasan Mutawakkil Alallah.

Selain Kyai Hasan, ada sekitar 150 peserta dari kalangan pekerja publik, tokoh agama, hingga para atlet yang juga menerima suntikan dosis vaksinasi.

Berdasarkan data yang bersumber dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), hingga 21 Maret 2021, sebanyak 9.397 tenaga kesehatan di Kabupaten Sidoarjo telah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Sementara sebanyak 19.482 pekerja atau pelayan publik telah menerima dua dosis vaksin dari keseluruhan 31.902 peserta yang telah menerima suntikan dosis pertama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.tv dengan judul: Presiden Jokowi Perintahkan Menkes Segera Distribusikan Vaksin AstraZeneca

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved