Breaking News:

Menhub Umumkan Penemuan Cockpit Voice Recorder Sriwijaya Air SJ182, Muat Percakapan Terakhir Pilot

Diharapkan KNKT dapat segera melakukan investigasi dan mendapatkan penyebab pasti jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Editor: Hanang Yuwono
dok.kemenhub
Menhub Budi Karya Sumadi. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Update kasus kecelakaan pesawa Sriwijaya Air SJ182.

Terbaru, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengumumkan tim penyelam telah menemukan Cockpit Voice recorder (CVR) atau rekaman percakapan pilot pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Menhub Budi mengatakan, CVR tersebut telah ditemukan pada Selasa malam (30/3/2021) pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Detik-detik Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182: Pilot Sempat Minta Izin Belok, Tenaga Mesin Malah Drop

Baca juga: KNKT Beberkan Kronologi Sriwijaya Air SJ 182 Jatuh, Mulai dari Menukik Tajam hingga Hilang Kontak

"Semalam jam 20.00 WIB ditemukan CVR dari tempat tak jauh dari penemuan FDR," jelas Menhub Budi dalam konferensi pers di Terminal JICT, Rabu (31/3/2021).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kepala Basarnas Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito saat menunjukkan Flight Data Recorder (FDR) pesawat Sriwijaya Air PK-CLC dengan nomor penerbangan SJ-18 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/1/2021). FDR Sriwijaya Air SJ 182 yang ditemukan oleh penyelam TNI AL di perairan Kepulauan Seribu selanjutnya akan dibawa KNKT untuk dilakukan pemeriksaan.
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kepala Basarnas Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito saat menunjukkan Flight Data Recorder (FDR) pesawat Sriwijaya Air PK-CLC dengan nomor penerbangan SJ-18 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/1/2021). FDR Sriwijaya Air SJ 182 yang ditemukan oleh penyelam TNI AL di perairan Kepulauan Seribu selanjutnya akan dibawa KNKT untuk dilakukan pemeriksaan. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Menhub sangat bersyukur dengan adanya penemuan CVR ini.

Diharapkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dapat segera melakukan investigasi dan mendapatkan penyebab pasti jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182.

"Kita sangat bersyukur dengan temuan ini. Apa yang ditemukan itu adalah upaya untuk mendapatkan data-data yang lebih baik," ucapnya.

Seperti diketahui sebelumnya, pada tanggal 9 Januari 2021, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak.

Berdasarkan informasi yang diterima, pesawat tersebut kehilangan kontak di atas Kepulauan Seribu.

Tak beselang lama, pihak maskapai Sriwijaya Air memberikan penjelasan resmi terkait jatuhnya pesawat SJ 182.

Dalam keterangan yang dibagikan di akun Twitter resmi Sriwijaya Air, membenarkan pesawat telah hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021).

Pesawat rute Jakarta-Pontianak tersebut berisi 56 orang yang terdiri dari 50 penumpang dan 6 awak pesawat.

Dengan rincian, sebanyak 50 penumpang tersebut, terdiri dari 40 dewasa, 7 anak-anak dan 3 bayi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: BREAKING NEWS Menhub Umumkan Penemuan Cockpit Voice Recorder (CVR) Sriwijaya Air SJ182

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved