Breaking News:

Prediksi Menkeu Sri Mulyani: Gaji Penduduk Indonesia Rata-rata Rp 28 Juta per Bulan di Tahun 2045

Kemenkeu menyatakan pendapatan rata-rata semua penduduk atau per kapita di Indonesia bisa 23.199 dolar Amerika Serikat (AS) per tahun di 2045.

Instagram/smindrawati
Menteri Keuangan, Sri Mulyani 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA -- Kementerian Keuangan mengungkapkan perkiraan seputar kondisi ekonomi Indonesia di tahun 2045.

Kemenkeu menyatakan pendapatan rata-rata semua penduduk atau per kapita di Indonesia bisa 23.199 dolar Amerika Serikat (AS) per tahun di 2045.

Angka tersebut sekira Rp 336 juta per tahun atau Rp 28 juta per bulan dengan 70 persen total penduduk berada di kelompok menengah.

Baca juga: Khawatir dengan Utang Pemerintah? Simak Penjelasan dari Kementerian Keuangan RI Ini

Baca juga: Viral, Sri Mulyani Naiki Sepeda Merek Brompton, Kemenkeu Beri Penjelasan

"Nanti 2045 diperkirakan 70 persen penduduk adalah kelompok kelas menengah dengan pendapatan per kapita mencapai 23.199 dolar AS.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberi keterangan di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (22/5/2019).
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberi keterangan di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (22/5/2019). (KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA)

Itu berarti kita masuk di dalam negara kelas menengah atas," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam acara "Webinar: Akselerasi Indonesia Maju melalui Penanaman Modal dan Insentif Fiskal", Kamis (1/4/2021).

Sri Mulyani menjelaskan, dalam visi 100 tahun Indonesia merdeka, pada saat itu berdasarkan proyeksi demografi yakni Indonesia akan mencapai 319 juta penduduk.

Lalu, jika pemerintah bisa terus menjaga implementasi kebijakan ekonomi yang baik, terukur, dan juga inovatif, maka Indonesia akan menjadi ekonomi dengan ukuran 5 terbesar di dunia.

Adapun saat ini, lanjut Sri Mulyani, Indonesia masuk dalam kelompok negara G-20 atau dengan ukuran perekonomian 20 terbesar di dunia.

"Nanti di 2045 diperkirakan Indonesia dengan usia produktif dari penduduk kita sebanyak 47 persen. Di mana, 73 persen masyarakat akan tinggal di daerah perkotaan," pungkasnya.

Bappenas Ungkap Prediksi Mengejutkan, Tak Ada Lagi Orang yang Jadi Petani di 2063, Ini Penyebabnya

Halaman
1234
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved