Peringati Hari Bumi, Alfamart Bantu Penghijauan di Lahan Kritis Sungai Kongklangan Sawit Klaten

Program bernama Alfamart Sahabat Bumi tersebut ditandai dengan penanaman 1500 bibit pohon bertepatan pada Hari Bumi.

Editor: Eka Fitriani
istimewa
Penanaman bibit pohon untuk memperingati hari Bumi oleh Alfamart Klaten 

TRIBUNSOLO.COM - PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk pengelola jaringan ritel modern Alfamart menunjukkan kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan dalam peringatan Hari Bumi tahun ini.

Mengusung kampanye Alfagreen, program berkelanjutan Alfamart untuk lingkungan, sepanjang 2021 ini perusahaan menargetkan menanam sebanyak 15.000 bibit pohon di berbagai daerah.

Baca juga: Jadi Mitra UKM Alfamart Di Klaten, Budi Kini Optimis Akan Masa Depan Setelah Sempat di PHK

Baca juga: Promo JSM Alfamart 9-11 April 2021, Dapatkan Diskon Beras dan Sirup untuk Persiapan Ramadhan

Program bernama Alfamart Sahabat Bumi tersebut ditandai dengan penanaman 1500 bibit pohon.

Kegiatan ini juga bertepatan dengan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April.

Penanaman ini tersebar pada 12 kota/kabupaten di Indonesia.

Di Kabupaten Klaten, Alfamart bekerjasama dengan Relawan Sungai Lestari Indonesia, melakukan gerakan penghijuan dengan menanam sebanyak 250 bibit pohon di lahan kritis kawasan taman sisi sungai Kongklangan Sawit, Gantiwarno, belum lama ini.

Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman menjelaskan Alfamart Sahabat Bumi merupakan inisiasi perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang lestari.

“Ada lima pilar CSR kita, salah satunya Alfagreen, yang tahun ini diwujudkan dengan menanam 15.000 bibit pohon yang juga sebagai simbolisasi jumlah toko kita,” terangnya.

Bibit pohon ditanam di beragam tempat seperti pinggir sungai, hutan kota, lahan rawan, jalan raya dan sebagainya. Pohon yang ditanam pun beragam seperti pohon buah, pohon pelindung, atau pohon produktif lainnya.

“Setidaknya melalui gerakan ini kita mulai usaha untuk memberi kesadaran pentingnya lingkungan asri yang minim polusi, terhindar dari bencana sekaligus memberi warisan yang berguna di masa mendatang,” tambah Nur Rachman.

Sementara itu, Arif Fuad Hidayah, Ketua Relawan Sungai Lestari Indonesia, upaya penghijauan untuk memulihkan ekosistem di kawasan lahan kritis di aliran sungai Kongklangan Desa Sawir Gantiwarno Klaten.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada dunia usaha khususnya Alfamart yang telah mendukung dan berpartisipasi melakukan gerakan penghijauan dengan menanam 250 bibit pohon pelindung dan buah buahan.

Selain bisa mencegah lubernya air sungai, pohon yang ditanam bisa memberi manfaat tambahan bagi warga desa sekitar dengan buah dari pohon tersebut.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved