Breaking News:

5 Makanan Favorit Nabi saat Ramadan, Bisa Dapat Pahala Sunah dan Tubuh Jadi Sehat

Nabi Muhammad SAW sendiri telah memberikan arahan lewat sunah. Tidak hanya menyehatkan tubuh, namun juga mendapatkan pahala.

Editor: Naufal Hanif Putra Aji
KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA
Ilustrasi Kurma 

TRIBUNSOLO.COM - Kini umat muslim di seluruh dunia tengah menjalankan ibadah puasa.

Satu diantara banyak hal yang perlu diperhatikan saat puasa adalah menu makan atau camilan yang benar menjaga stamina tubuh agar tetap prima saat menjalani puasa.

Baca juga: Cara Berbuka Puasa Seperti Nabi Muhammad SAW, Ternyata Ini Makanan yang Dikonsumsi dan Tahapannya

Apa lagi di masa pandemi seperti ini, kita perlu memilah makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Nabi Muhammad SAW sendiri telah memberikan arahan lewat sunah. Tidak hanya menyehatkan tubuh, namun juga mendapatkan pahala.

Berikut makanan apa saja yang dianjurkan selama berpuasa oleh Rasulullah SAW.

1. Kurma

Pedagang sedang menata kurma yang berjualan di sekitar Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pandemi Covid-19 yang melanda Jakarta membuat lesu penjualan kurma, keuntungan pedagang menurun hingga 80 persen lebih padahal pada tahun sebelumnya menjelang Ramadhan biasanya ramai pembeli. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pedagang sedang menata kurma yang berjualan di sekitar Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pandemi Covid-19 yang melanda Jakarta membuat lesu penjualan kurma, keuntungan pedagang menurun hingga 80 persen lebih padahal pada tahun sebelumnya menjelang Ramadhan biasanya ramai pembeli. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Buah ini nyatanya selalu populer di tengah Ramadan. Rasanya yang manis karena mengandung gula dapat meningkatkannstok gula darah yang sempat terkuras karena berpuasa kurang lebih selama 14 jam.

Nabi Muhammad sendiri sangat menganjurkan kita untuk menikmati kurma tidak hanya di bulan puasa. Tapi juga pada keseharian kita untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima.

Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.” [Al-Bukhari dan Muslim].

Perlu diketahui, di dalam kurma kaya akan protein di vitamin.

2. Madu
Sudah umum kita dengar dari dunia kesehatan jika madu selalu disarankan untuk dikonsumsi.

Selain untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit, madu punya banyak manfaat. Misalnya seperti untuk perawatan tubuh dan menjaga kecantikan.

Tubuh juga membantu meningkatkan perlindungan tubuh atau imun. Apa lagi madu bersifat anti bakteri atau anti virus.

Ilustrasi madu.
Ilustrasi madu. (HandOut/LNC)

Madu juga berfungsi sebagai pembantuan gula darah. Tentunya sangat penting untuk dikonsumsi pada tubuh yang menahan lapar dan haus seharian.

Rasulullah telah bersabda dan menyampaikan perihal manfaat madu bagi kesehatan.

Rasulullah SAW bersabda,

"Madu adalah penyembuh bagi segala penyakit dan Al-Qur'an adalah penyembuh terhadap apa yang ada di dalam dada. Maka bagi kalian terdapat dua penyembuhan; Al-Qur'an dan madu." [Shahih Bukhari].

3. Zaitun

Minyak zaitun amat disarankan untuk dikonsumsi selama berpuasa.

Banyak manfaat yang dapat diberikan oleh tubuh kita. Di antaranya yaitu sebagai sumber vitamin E dan antioksidan. Di sisi lain, minyak zaitun membuat energi pada tubuh tetap konsisten.

Allah sendiri telah menyampaikan keunggulan minyak zaitun di dalam Al-Qur'an.

.. yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api ...” (QS 24 : 35)

Manfaat minyak zaitun
Manfaat minyak zaitun (freepik)

Di sisi lain, Rasulullah pun pernah bersabda perihal keunggulan dari minyak Zaitun ini.

“Makanlah Zaitun dan minyakilah rambut dengan Zaitun. Karena ia dari pohon yang berkah. ” [Tirmidzi].

4. Buah Delima
Selain rasanya yang manis, buah ini kaya akan manfaat. Di antaranya mengandung delima menjadi sumber vitamin yang kaya seperti vitamin A, C, E dan antioksidan. Delima bahkan 3 kali lebih kuat dibandingkan teh hijau sebagai antioksidan.

Oleh karenanya sangat disarankan mengkonsumsi buah delima selepas berbuka. Mengingat, saat berbuka puasa tubuh rentan terkena makanan yang mengandung radikal bebas.

Buah delima.
Buah delima. (Shutterstock)

Dalam Islam, buah ini kerap disebut sebagai buah surga. Karenanya Rasullullah sering menganjurkan mengonsumsi buah ini setelah kurma.

“Di dalam rasa (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.” (QS Ar-Rahman 55:68)

5. Labu
Selama bulan puasa, labu membantu tubuh kita agar tetap terhidrasi. Dimana jika mengonsumsi labu selama puasa, tubuh akan terhindar dari dehidrasi. Di sisi lain, Rasulullah sangat menggemari buah ini.

Sebuah hadist yang diriwayatkan Anas bin Malik RA, berbunyi,

buah labu1
buah labu1 (net)

“Sesungguhnya seorang tukang jahit pernah mengundang Rasulullah SAW melakukan jamuan makan yang ia buat. Aku lalu berangkat bersama Rasulullah SAW memenuhi undangan tersebut. Penjahit itu kemudian menyodorkan roti gandum dan sup yang di dalamnya ada buah labu dan daging yang telah dikeringkan kepada Rasulullah SAW. Maka aku melihat Rasulullah SAW memilih-milih buah labu dari sekitar bejana tersebut. Sejak hari itu aku senantiasa suka labu. ” [Shahih Bukhari]

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kurma dan 4 Makanan Favorit Nabi Saat Ramadan, Dapat Pahala Sunah, Tubuh Pun Sehat, 

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved