Breaking News:

Cara Meminimalisir Efek Samping Setelah Suntik Vaksin, Lakukan Tips Berikut ini

Bagi Anda yang telah di vaksin tentunya memiliki efek samping yang berbeda-beda.

TribunSolo.com/Adi Surya Samodra
Ilustrasi Seorang petugas menyiapkan alat suntik vaksinasi Covid-19 Sinovac. 

TRIBUNSOLO.COM - Bagi Anda yang telah di vaksin tentunya memiliki efek samping yang berbeda-beda.

Dokter sekaligus penggiat media sosial, Dr. Nadia mengatakan bahwa beberapa jenis vaksin memang macam-macam efeknya, tetapi balik lagi, itu semua tergantung pada bagaimana respons tubuh kita terhadap vaksin itu sendiri.

Baca juga: Ratusan Orang Semarang Positif Covid-19 Usai Divaksin, Rata-rata Nakes dan Pelayan Publik

Menurut dr. Nadia, itu adalah hal yang wajar, karena itu adalah proses dimana vaksin itu sedang bekerja di dalam tubuh kita untuk membentuk antibodi.

Oleh karena itu, terkadang menimbulkan efek samping seperti demam, badan pegal-pegal, dan yang lainnya.

Lalu, apakah bahaya? “Nah sebenarnya efek samping itu biasanya muncul sekitar 1-2 hari dan itu tidak bahaya, kita bisa melakukan beberapa hal untuk meredakan gejala tersebut. Misalnya mengalami sakit kepala, kita bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri kepala. Namun perlu diingat, obat itu hanya boleh dikonsumsi setelah vaksin” kata dr. Nadia.

Untuk efek samping yang katanya bikin pegel, dr. Nadia juga menjelaskan beberapa tips nih.

Diketahui vaksin itu dilakukan di jaringan otot, sehingga di beberapa daerah menimbulkan pegal-pegal terutama di daerah yang setelah disuntik vaksin, karena jarum itu menembus ke area otot.

“Kita bisa melakukan stretching ringan, karena bisa banget untuk meredakan pegal-pegal. Makanya sebelum dilakukan vaksin sebaiknya istirahat yang cukup dan rajin olahraga untuk meminimalisir efek samping setelah dilakukan vaksin”, kata dr. Nadia, dalam siaran persnya, Sabtu (24/4/2021).

Penasaran apalagi yang harus dilakukan untuk meminimalisir efek samping setelah melakukan vaksin? Nah, wajib kalian dengarkan hanya di Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadia Alaydrus eksklusif hanya di aplikasi RCTI+ atau langsung klik link dibawah ini: https://radio.rctiplus.com/player-music?contentType=podcast&contentId=3903 dan untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com

Suntik Vaksin Covid-19 saat Puasa Apakah Bisa Mempengaruhi Kesehatan? Begini Penjelasan Dokter

Halaman
1234
Editor: Naufal Hanif Putra Aji
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved