Breaking News:

Resmi! 75 Pegawai KPK Dinyatakan Tak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan, Ada Novel Baswedan?

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengkonfirmasi kabar 75 pegawainya tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK).

(KOMPAS.com/ABBA GABRILIN)
Logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 

TRIBUNSOLO.COM - Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan 75 pegawainya tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK).

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, nantinya nama 75 pegawai yang tidak lulus ini akan disampaikan melalui Sekjen KPK, Cahya Harefa.

"Kami akan sampaikan nanti melalui Sekjen setelah surat keputusannya keluar," kata Firli dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Firli menjelaskan alasannya belum mengungkapkan siapa saja pegawai yang tidak lulus TWK, hal ini dikarenakan pihaknya tidak mau menyebar isu. 

Baca juga: Geger Kabar Novel Baswedan Dipecat KPK, Disebut Tak Lolos Tes Kebangsaan, Ini Kata Firli Bahuri

"Kenapa? Kami tidak ingin menyebar isu, kita ingin pastikan bahwa kita menjunjung, menghormati hak asasi manusia," jelas dia.

Selain itu, Firli juga menuturkan penyebutan nama-nama tersebut akan berdampak kepada keluarga mereka. 

"Kalau kami umumkan akan berdampak kepada anak, istri, keluarga, cucu, besan, mertua kampungnya. Kami bukan memiliki cara kerja seperti itu," tegas Firli.

Baca juga: Rekam Jejak Fedrik Adhar yang Baru Saja Meninggal, Pernah Tangani Kasus Ahok dan Novel Baswedan

Baca juga: Novel Baswedan Sebut Tuntutan 1 Penjara untuk Ronny Bugis dan Rahmat Kadir Seperti Ejekan

Diketahui, tes yang dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN) itu menjadi bagian dari proses alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Kendati demikian, KPK enggan menyebutkan nama-nama pegawai yang dinilai tidak memenuhi syarat pada tes ASN tersebut.

Sementara itu, terkait sejumlah nama yang sebelumnya beredar, seperti salah satunya penyidik senior Novel Baswedan, Firli menegaskan sumber informasi bukanlah dari KPK.

"Kalau tadi ada yang mengatakan nama-nama yang beredar silakan anda tanya siapa yang menyebar nama-nama itu. Yang pasti adalah bukan KPK," kata Firli.

Firli kembali menegaskan, dokumen tentang hasil tes wawasan kebangsaan tetap dalam segel dan disimpan dalam lemari dengan beberapa kunci pengamanan sejak diterima tanggal 27 April 2021.

Pihak KPK baru membuka dokumen tersebut sore hari tadi dan disaksikan oleh seluruh pejabat struktural KPK, seperti eselon 1 eselon 2 Anggota Dewas, pimpinan KPK lengkap termasuk juga didokumentasikan oleh kawan-kawan humas KPK. 

Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul Siapa 75 Pegawai KPK yang Tidak Lulus Tes Wawasan Kebangsaan? ini Kata Firli Bahuri, 

https://makassar.tribunnews.com/2021/05/05/siapa-75-pegawai-kpk-yang-tidak-lulustes-wawasan-kebangsaan-ini-kata-firli-bahuri

Editor: Ilham Oktafian
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved