Breaking News:

Sebanyak 163 Negara Dukung Palestina, Ini Daftar 15 Negara Lain yang Tak Mau Mengakui Kedaulatan

163 mendukung Palestina. Sementara, 5 negara menolak mendukung Palestina dan 10 negara memilih abstain atau tidak memberi suara.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
ILUSTRASI: Sejumlah massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Islam Jakarta melakukan unjuk rasa di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, di Jakarta, Rabu (12/5/2021). Pengunjukrasa membawa bendera Palestina dan menyerukan kepada pemerintah Amerika Serikat memberikan tekanan kepada Israel agar menghentikan kekerasan. Pemerintah Indonesia sendiri sudah menyatakan kecaman terhadap keputusan pengadilan Israel yang memerintahkan pengusiran paksa enam keluarga Palestina dari tempat tinggal mereka di kawasan Syekh Jarrah, Yerusalem Timur. Serta mengecam kekerasan yang dilakukan aparat keamanan Israel terhadap warga sipil Palestina yang terjadi dalam sejumlah bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsa. 

TRIBUNSOLO.COM -- Konflik Israel vs Palestina yang memanas beberapa waktu belakangan menjadi perhatian banyak negara di dunia.

Beberapa negara mendukung kedaulatan Palestina, sementara yang lain enggan.

Sebab diketahui, Palestina adalah negara dengan status politik penuh perdebatan.

Baca juga: Viral Bupati Karanganyar Juliyatmono Keluarkan Surat Edaran Agar Bantu Palestina : Ayo Galang Dana

Baca juga: Ogah Komentar soal Israel dan Palestina di Medsos, Salmafina Sunan: Tuhan Lihat Hati Bukan Postingan

Negara di Timur Tengah ini terus berusaha memperoleh pengakuan dari berbagai negara di belahan dunia.

Pada Kamis, 19 November 2020, Israel meminta melakukan pemungutan suara dalam pertemuan Komite Ketiga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Komite ketiga ini fokus membahas isu sosial, kemanusiaan, dan budaya. 

Dalam rapat komite ketiga ini, Israel meminta pemungutan suara berjalan untuk membahas hak rakyat Palestina menentukan nasib sendiri.

Direktur Yayasan Diwa Center, Diah Warih Anjari, menandatangani spanduk sebagai aksi solidaritas peduli Palestina, Minggu (2/12/2018) pagi.
Direktur Yayasan Diwa Center, Diah Warih Anjari, menandatangani spanduk sebagai aksi solidaritas peduli Palestina, Minggu (2/12/2018) pagi. (TRIBUNSOLO.COM/CHRYSHNA PRADIPHA)

Melansir The Times of Israel, salah satu hak menentukan nasib sendiri ini adalah hak kemerdekaan negara Palestina. Pemungutan suara ini juga menekankan urgensi penghentian segera pendudukan Israel

Terakhir, pemungutan suara ini membahas kesepakatan damai dengan solusi dua negara, yaitu Israel dan Palestina berdiri berdampingan.

Hasilnya, 163 mendukung Palestina. Sementara, 5 negara menolak mendukung Palestina dan 10 negara memilih abstain atau tidak memberi suara.

Halaman
1234
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved