Breaking News:

5 Fakta You and I, Film Persahabatan Luar Biasa, di Tengah Ironi Kehidupan yang Tidak Adil

Berkat hasil pengenalan yang berjalan mengalir, film You and I pun terasa natural dan apa adanya.

Editor: Eka Fitriani
istimewa
Film You and I garapan Yulia Evina Bhara, Tazia Teresa Darryanto dan Fanny Chotimah 

TRIBUNSOLO.COM - You and I, adalah sebuah film dokumenter yang menyoroti persahabatan lebih dari 50 tahun antara Kusdalini dan Kaminah. Persahabatan keduanya bukan hal yang biasa, karena keduanya memulai persahabatan sejak sama-sama menjadi tahanan.

Kusdalini dan Kaminah adalah mantan tahanan politik pada 1965 lalu. Dan menonton film ini akan membawa kita pada kenyataan, bahwa ada orang-orang seperti mereka yang berjuang melawan ketidakadilan di masa lalu.

Baca juga: 5 Alasan Harus Menonton You and I, Film yang Ajak Penonton untuk Memahami Sejarah Bangsa

Baca juga: Perempuan di Balik Layar You and I Wujudkan Mimpi, Seperti Pesan Raden Ajeng Kartini

Dan berikut 5 fakta dari film You and I yang perlu kamu ketahui.

Kesempatan perdana Fanny Chotimah menyutradarai film dokumenter
Berasal dari kota Solo, ia sudah sejak lama bergelut di dunia perfilman, namun You and I adalah film dokumenter pertama yang disutradarai oleh Fanny Chotimah.

Meski membawa kisah kelam Kusdalini dan Kaminah sebagai mantan tahanan politik 1965, tapi Fanny Chotimah sukses mengangkat keseharian keduanya menjadi lebih humanis dan menyentuh hati penonton.

Digarap selama hampir 4 tahun

Film ini memiliki perjalanan yang jauh dari kata singkat. Fanny Chotimah, sang sutradara, memberikan waktu bertahun-tahun untuk berkenalan dengan Kusdalini dan Kaminah, sebelum akhirnya mengangkat kisah keduanya menjadi film You and I.

Berkat hasil pengenalan yang berjalan mengalir, film You and I pun terasa natural dan apa adanya. Memotret kisah yang tak dibuat-buat. Tak heran film ini bisa menyentuh hati banyak penonton dan membuatnya memenangkan sejumlah penghargaan.

Berkeliling negara dan sederet penghargaan untuk You and I
Film You and I perdana tayang di Copenhagen International Documentary Film Festival, Denmark. Selain itu, film ini memenangkan kategori Next: Wave Award.

Kemudian film ini juga mendulang sukses setelah memenangkan penghargaan dari Asian Perspective Award dari 12th DMZ International Documentary Film Festival, Asian Vision dari Singapore International Film Festival 2020.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved