Breaking News:

Misteri Fenomena Objek Bercahaya di Gunung Merapi, Ternyata CCTV BPPTKG Juga Tangkap Kilatan Cahaya

Sebuah foto yang memperlihatkan kilatan cahaya diduga meteor jatuh di puncak Gunung Merapi, Yogyakarta, viral di media sosial.

Instagram/@gunarto_song
Foto viral ada penampakan benda jatuh di puncak Gunung Merapi tersebar di medsos, Jumat (28/5/2021). 

TRIBUNSOLO.COM - Sebuah foto yang memperlihatkan Dalam foto yang beredar terlihat obyek panjang bercahaya berwarna hijau tertangkap kamera dan terlihat mengarah di sekitar puncak Gunung Merapi.

Baca juga: Viral Diduga Batu Meteor Berwarna Hijau Jatuh di Puncak Merapi, Ini Kata Warga Lereng dan BPPTKG

Untuk diketahui, foto tersebut diambil dan pertama kali dibagikan oleh akun Instagram @gunarto_song.

Dikutip dari Instagram pengunggah, foto tersebut ia ambil dari Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta, pada Rabu (27/5/2021) sekira pukul 23.07 WIB.

 

Tanggapan BPPTKG

Sementara itu Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), mengonfirmasi adanya kilatan cahaya yang tertangkap kamera CCTV pemantau Gunung Merapi.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, mengonfirmasi CCTV yang menangkap kilatan cahaya berada di Deles, sisi timur Gunung Merapi.

Waktu tertangkapnya kilatan cahaya tersebut sesuai dengan waktu pengambilan foto oleh fotografer Gunarto.

"Kamera CCTV yang berada di Deles, sisi timur Gunung Merapi, sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB," ungkap Hanik kepada Tribunnews.com melalui keterangan tertulis, Kamis (28/5/2021).

Media sosial diramaikan dengan viralnya foto kilatan cahaya diduga meteor jatuh di puncak Gunung Merapi, Yogyakarta. Foto tersebut diambil dan dibagikan oleh akun Instagram @gunarto_song, Kamis (27/5/2021).
Media sosial diramaikan dengan viralnya foto kilatan cahaya diduga meteor jatuh di puncak Gunung Merapi, Yogyakarta. Foto tersebut diambil dan dibagikan oleh akun Instagram @gunarto_song, Kamis (27/5/2021). (Instagram/@gunarto_song)

Baca juga: Sensasi Naik Gondola Sembari Menikmati Pemandangan Gunung Merapi di Klaten, Segini Harga Tiketnya

Meski menangkap adanya kilatan cahaya, Hanik menyebut tidak terdapat sinyal yang signifikan dari data kegempaan.

"Dan tidak dilaporkan terdengar suara atau terlihat kilatan cahaya dari pos-pos pemantauan Gunung Merapi," ungkap Hanik.

Halaman
12
Editor: Naufal Hanif Putra Aji
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved