Breaking News:

Heboh Desas-desus Dana Haji Diinvestasikan ke Infrastruktur, Begini Penjelasan Pemerintah

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI menyampaikan bahwa pelaksanaan ibadah haji 1442 Hijriah/2021 Masehi dibatalkan.

Editor: Naufal Hanif Putra Aji
Tribun Batam
haji di mekah arab saudi 

TRIBUNSOLO.COM - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI menyampaikan bahwa pelaksanaan ibadah haji 1442 Hijriah/2021 Masehi dibatalkan.

Keputusan ini disampaikan oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring pada Kamis (3/6/2021).

Baca juga: Curhatan Jemaah Calon Haji Asal Sragen : Legawa, Meski Sudah Siap Perlengkapan & Uang Saku ke Mekkah

"Menetapkan pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah atau 2021 Masehi bagi warga negara Indonesia yang menggunakan kuota haji Indonesia dan kuota haji lainnya," kata Yaqut.

Di tengah berita pembatalan pelaksanaan ibadah haji 2021 ini, beragam desas-desus alokasi dana haji yang beredar di masyarakat.

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan soal desas-desus alokasi dana haji yang beredar di masyarakat.

Muhadjir  memastikan dana haji milik jemaah Indonesia masih tersimpan secara aman.

Dia mengatakan tak ada secuilpun uang jemaah yang digunakan untuk investasi ke sektor infrastruktur.

Dana haji itu disimpan dan dikelola oleh lembaga yang independen profesional, yaitu Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

"Tidak ada satupun atau tidak ada secuil dana pun yang diinvestasikan di sektor yang langsung termasuk infrastruktur, jadi memang belum ada langkah untuk membuat direct investment," kata Muhadjir dalam rekaman suara yang diterima Kompas TV, Minggu (6/62021).

Dia menambahkan, investasi dana haji tersebut pun masih berbentuk surat-surat berharga yang disimpan di bank syariah dengan standar tabungan haji dikelola secara syariah.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved