Breaking News:

Lembaga Survei Indonesia ASI Umumkan Hasil Survei Capres 2024 : Ada 2 Nama Mentri Jokowi Unggul

Arus Survei Indonesia (ASI) mengumumkan hasil survei Capres - Cawapres Potensial di Tahun 2024, Ini sejumlah nama yang unggul

Editor: Azfar Muhammad
TRIBUNNEWS.COM/ISTIMEWA
Para menteri Kabinet Indonesia Maju diperkenalkan kepada media di depan kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, menjelang pelantikan Rabu pagi (23/10/2019). 

TRIBUNSOLO.COM,- Lembaga Survei Indonesia yaitu Arus Survei Indonesia atau ASI Mengumumkan Hasil Survei Capres  Potensial yang maju di tahun 2024.

Adapun dua nama menteri di kabinet Indonesia Maju pemerintahan Joko Widodo - Ma'ruf Amin periode 2019-2024,.

Itu adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno dan Menteri BUMN Erick Thohir paling populer untuk berpeluang menjadi Capres pada Pemilu Presiden RI 2024 mendatang.

Dalam urutan dua besar, nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menempati posisi pertama dengan prosentase 13,5%.

Diurutan kedua ada nama Menteri BUMN Erick Thohir dengan prosentase 11,9%. Sedangkan nama Menteri Pendidikan dan Ristek Nadiem Makarim diposisi ketiga dengan prosentase 10,9%. Dan pada posisi keempat ada nama Menteri Sosial Tri Rismaharani dengan prosentase 10,3%.

Baca juga: Gerindra Sepakat Bakal Usung Prabowo jadi Capres 2024, Siapa Cawapresnya?

Baca juga: Nama Ganjar Muncul di Hasil Survei Capres 2024, Rudy Nilai Bukan Manuver Politik

Sedangkan kandidat lainnya dari Kabinet Indonesia Maju yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Moh. Mahfud MD (9,2%), Menteri Keuangan Sri Mulyani (6,8%), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (6,0%), Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (4,7%), Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, A. Halim Iskandar (4,7%) dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (3,4%).

Namun perlu diketahui masih ada 18,6% responden yang belum menjawab atau belum menentukan pilihannya.

Baca juga: Meski Pertemuan Anies & Bos Beras Ada Dukungan Capres 2024, PDIP Sragen : Mungkin di Jakarta Suntuk

Baca juga: Masuk Kabinet Jokowi, Bagaimana Kans Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2024? Ini Kata Pengamat UNS Solo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo capres 2024 versi litbang Kompas. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo capres 2024 versi litbang Kompas. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng) (Tribunnews.com)

Survei Parameter Politik

Sebelumnya, Lembaga Survei Nasional Parameter Politik Indonesia juga melakukan survei terkait lima tokoh nasional yang akan menjadi kandidat calon presiden (Capres) pada Pilpres 2024, mendatang.

Survei yang dilakukan pada 23-28 Mei 2021 diikuti 1.200 responden ini pun menanyakan kepada responden terkait lima tokoh.

"Elektabilitas capres 5 nama terbesar apabila pemilihan presiden dilaksanakan saat ini dan Presiden Joko Widodo tidak boleh mencalonkan diri lagi, maka ada 5 nama tokoh utama yang paling berpeluang?," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno dalam hasil survei terkait peta politik menuju 2024 dan isu politik mutakhir secara virtual, Sabtu (5/6/2021).

Adi pun mengatakan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi tokoh paling populer saat ini dengan angka 22,3 persen. Lalu, diposisi kedua ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 19,7 persen.

Ketiga, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 18,1 persen. Keempat, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan 10,1 persen. Dan kemudian di posisi lima ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno dengan angka 7,5 persen. (*) 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Survei ASI, Ada 2 Nama Menteri Jokowi Paling Populer dan Berpotensi Jadi Capres 2024, Siapa Mereka?

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved