Izin Liga 1 & 2 Belum Dikaji Ulang Kapolri Meski Ada Ledakan Kasus Corona, Masih Bisa Terselenggara?

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo masih belum berencana mengkaji ulang untuk membatalkan izin penyelenggaraan kompetisi sepakbola liga 1 dan liga

TribunSolo.com/ Chrysnha Pradipha
Tampak tribun kursi penonton Stadion Manahan Solo dalam penyelenggaraan Piala Menpora 2021. Stadion kebanggan Wong Solo ini digunakan sebagai venui penyelenggaraan partai puncak final leg 2 Piala Menpora antara Persib Bandung vs Persija Jakarta, Minggu (25/4/2021) 

TRIBUNSOLO.COM - Meledaknya kasus covid-19 di Indonesia, membuat penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ikut disoroti.

Kendati demikian, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo masih belum berencana mengkaji ulang untuk membatalkan izin penyelenggaraan kompetisi sepakbola liga 1 dan liga 2 di tengah penularan Covid-19 yang semakin melonjak.

Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto mengatakan Jenderal Listyo Sigit sementara ini masih berpegang kepada keputusan sebelumnya yang memberikan izin pelaksanaan kompetisi liga 1 dan liga 2 tersebut.

"Belum ada kajian dan kita sudah siap amankan dan protokol kesehatan ketat," kata Imam kepada wartawan, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Jadwal Liga Inggris Musim 2021/2022, Manchester City Bertemu Tottenham di Laga Pembuka

Baca juga: Ada Atta Halilintar, PSG Pati Resmi Ganti Nama Jadi AHHA PS Pati FC, Target Promosi Liga 1

Baca juga: Baru Dinikahi Ameer Azzikra, Nadzira Shafa Sudah Bahas Poligami, Bakal Izinkan dengan Syarat Ini

Baca juga: Format Piala Wali Kota Solo 2021 : Tim Liga 2 Disetting Tak Bisa Langsung Bentrok dengan Tim Liga 1

Ia memastikan kompetisi liga 1 dan liga 2 itu akan digelar tanpa penonton.

Sebaliknya, protokol kesehatan para pemain yang akan berlaga juga diawasi ketat oleh pihak kepolisian dan Satgas Covid-19.

"Tidak ada nobar, pengawasan diperketat dan tegas saja terhadap protokol kesehatan," tukasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan izin keramaian terhadap pagelaran kompetisi sepakbola liga 1 dan liga 2 yang direncakan bakal berlangsung pada 10 Juli 2021 mendatang.

Keputusan itu disampaikan Jenderal Listyo usai melakukan pertemuan tertutup dengan Menpora Zainuddin Amali di Mabes Polri, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Sigit menyampaikan izin pelaksanaan kompetisi tersebut diberikan asalkan pelaksana dapat mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

"Dari hasil diskusi kami memutuskan memberikan izin keramaian dengan catatan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat," kata Sigit.

Laga persahabatan Persis Solo vs Persib Bandung di Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/2/2020).
Laga persahabatan Persis Solo vs Persib Bandung di Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/2/2020). (Biro Setpres)

Sigit menyampaikan pemberian izin keramaian ini setelah mempertimbangkan kompetisi pra musim piala Menpora 2021. Dia bilang, protokol kesehatan liga tersebut telah berjalan dengan baik.

Namun, Sigit menyebut pelaksanaan kompetisi tersebut tercoreng lantaran adanya arak-arakan pendukung klub Persija usai menjuarai kompetisi tersebut. Ia meminta kejadian ini tak boleh terulang.

"Beberapa waktu lalu penyelenggaraan sudah cukup bagus, tapi yang kami sayangkan masih terjadi arak-arakan di akhir pertandingan yang potensial menimbulkan klaster Covid-19," ungkap dia.

Lebih lanjut, Sigit menambahkan pelaksanaan kompetisi tersebut nantinya akan dievaluasi secara berkala.

"Kegiatan akan kami evaluasi sehingga pelanggaran protokol kesehatan berpengaruh terhadap proses pelaksanaan liga," pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kasus Covid-19 Melonjak, Kapolri Belum Kaji Ulang Untuk Batalkan Izin Penyelenggaraan Liga 1

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persib
    20
    13
    3
    4
    35
    25
    8
    42
    2
    Persija Jakarta
    21
    12
    5
    4
    28
    11
    11
    41
    3
    PSM Makasar
    21
    11
    8
    2
    38
    8
    21
    41
    4
    Borneo
    20
    10
    6
    4
    36
    18
    16
    36
    5
    Madura United
    21
    11
    3
    7
    26
    14
    6
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved